Kakek Ini Jadi Pria Tertua di Dunia, Apa Rahasianya?

Masazo Nonaka, pria tertua di dunia
Sumber :
  • Twitter Guinness World Records

VIVA – Seorang pria berusia 112 tahun dari Hokkaido Jepang, Masazo Nonaka telah dinobatkan sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records pada Selasa, 10 April 2018. Dia berhasil merebut gelar itu setelah Francisco Nunez Olivera dari Spanyol, meninggal pada Januari tahun ini di usia 113 tahun.

Kisah Mualaf Ibu dari Crazy Rich Surabaya Gegara Melihat Orang Islam Lakukan Ini

Lahir pada 25 Juli 1905, Nonaka menerima sertifikat dari Guinness World Records. Dia menghadiri penobatan yang digelar di Ashoro, kota kelahiran dan tempat tinggalnya saat ini bersama keluarga.

Pria tua itu gemar menonton sumo di TV dan mendengarkan musik. Rumahnya juga merupakan tempat penyewaan pemandian air panas sejak lebih dari satu abad lalu yang dijalankan Nonaka bersama istrinya.

Kisah Inspiratif Cristiano Ronaldo dari Masa Kecil yang Sulit Menuju Puncak Kejayaan

"Pencapaian Nonaka luar biasa. Dia dapat mengajarkan kita semua pelajaran penting tentang nilai kehidupan dan tips berumur panjang," kata Kepala Editor Guinness World Records Craig Glenday, seperti dilansir dari Zeenews.

Hebat, Sosok Mazhab Fiqih Ini Bisa Khatam Al-Quran Hingga 60 Kali Selama Ramadhan

 
Koki Kurohata, cucu Nonaka mengatakan bahwa hingga usia lanjut, kakeknya belum pernah mendapat perawatan di rumah sakit. Selain itu, kakeknya juga selalu berpikiran positif.

"Dia benar-benar luar biasa," ujarnya.

Cucu perempuannya, Yuko menuturkan bahwa kakeknya menikmati bersantai di pemandian air panas seminggu sekali. Kakeknya juga suka makanan manis dan punya dua kucing peliharaan.

Sementara itu, Tajima, seorang warga Jepang yang berusia 117 tahun di Prefektur Kagoshima, kemungkinan akan dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai wanita tertua yang masih hidup di dunia, setelah kematian wanita tertua asal Jamaika bernama Violet Brown di usia 117 tahun pada September 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya