Logo ABC

Australia Larang Penggunaan Kantong Plastik

Sid and Mel di South Melbourne Market
Sid and Mel di South Melbourne Market
Sumber :
  • abc

Larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di pasar South Melbourne yang terkenal, kemungkinan akan diperluas ke produk plastik lainnya seperti sedotan dan cangkir kopi.

Pengelola pasar mengatakan hal ini dikarenakan konsumen dan para pedagang telah menerima sikap mental lingkungan yang baru.

Mulai pekan ini, para pedagang di pasar berusia 150 tahun itu akan berhenti memasok tas belanja plastik sekali pakai kepada konsumennya.

Para konsumen sebaiknya harus membawa sendiri atau harus membeli dan meminjam kantong atau pembungkus kertas yang dapat digunakan kembali.

Kampanye Bawa Sendiri Tas Anda (BYO-bag) diluncurkan setelah survei di pasar ini menemukan sembilan dari 10 pengunjung mendukung langkah tersebut.

Jaringan supermarket Coles dan Woolworth juga telah mengumumkan rencana untuk memberlakukan larangan yang akan berlaku di seluruh gerai milik perusahaan itu pada pertengahan tahun.

Walikota Port Phillip, Bernadene Voss, mengatakan langkah larangan di pasar yang berada di wilayahnya itu sudah disusun selama setahun.