Kenapa Bulu Flamingo Berubah Pink? Padahal Aslinya Abu-abu

Populasi Burung Flamingo
Sumber :
  • REUTERS/ Victor Ruiz Garcia

VIVA – Selain burung merak, flamingo adalah salah satu jenis burung yang memiliki tampilan begitu cantik. Dengan bulu berwarna merah muda atau pink, membuat flamingo menjadi salah satu binatang yang paling ikonik.

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Tapi pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa flamingo berwarna merah muda?

Meskipun dikenal dengan rona kemerahan, flamingo ternyata tidak selalu berwarna merah muda. Saat mereka menetas, bulunya berwarna abu-abu, dan secara bertahap berubah menjadi merah muda karena makanan yang dikonsumsinya.

Danau di India Menjadi Merah Muda di Tengah Wabah Bikin Gempar

Dikutip dari Metro, flamingo di alam liar memakan alga biru-hijau dan udang. Keduanya mengandung zat kimia yang disebut canthaxanthin.

Populasi Burung Flamingo di Kenya

Kenapa Valentine Identik dengan Warna Merah dan Pink?

Di kebun binatang, bahan kimia ini ditambahkan ke makanan yang diberikan kepada burung berkaki ramping dan panjang ini, yang mungkin tidak diketahui oleh para pengunjung bahwa mereka saat menetas punya warna abu-abu putih.

Sementara canthaxanthin merupakan bahan yang digunakan untuk merek sosis tertentu. Tetapi jangan khawatir, Anda perlu lebih banyak dosis untuk mengubah warna tubuh Anda menjadi mirip flamingo.

Selama proses kawin, burung ini, baik jantan maupun betina akan berubah warna bulunya lebih merah muda yang menunjukkan bahwa mereka siap untuk berkembang biak. Meskipun flamingo sangat cantik untuk dilihat dan terlihat halus, mereka adalah burung prasejarah. Flamingo diyakini telah ada sejak zaman dinosaurus punah dan tak berubah hingga kini.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya