Ini Dia Jenis Cokelat yang Bisa Kurangi Stres

Ilustrasi cokelat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selama ini banyak yang percaya dan mengatakan bahwa mengonsumsi cokelat dua atau empat batang sehari mampu mengurangi stres. Jika banyak yang mengira hal itu mitos belaka, penelitian kini telah menegaskan fakta itu.

Ternyata Menghirup Aroma Ini Bisa Kurangi Stres di Tempat Kerja

Dua studi dari Loma Linda University di California telah menemukan bahwa makan cokelat dapat memiliki efek positif pada tingkat stres. Selain itu, cokelat juga mendorong perubahan baik pada peradangan, suasana hati, memori dan kekebalan tubuh.

Tetapi ketika bicara ke peningkatan suasana hati, dilansir dari Metro, ternyata tidak semua cokelat punya manfaat sama. Anda harus mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung lebih dari 70 persen kakao.

Makanan Manis Ini Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi
6 Minuman Segar dan Alami ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Banyak yang sudah tahu bahwa kakao mengandung banyak flavonoid, yang berfungsi sebagai antioksidan. Tapi ini adalah studi pertama yang melihat dampak flavonoid pada otak manusia.

"Selama bertahun-tahun, kami telah melihat pengaruh cokelat hitam pada fungsi-fungsi neurologis dari sudut pandang kandungan gula. Semakin banyak gula, semakin bahagia kita," kata pemimpin peneliti Lee S. Berk.

Ini adalah pertama kalinya peneliti melihat dampak dari sejumlah besar kakao dalam dosis sekecil cokelat batangan berukuran biasa pada manusia dalam jangka pendek atau jangka waktu lama, yang didorong oleh penelitian.

Studi ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya pada kognisi, memori, suasana hati, kekebalan tubuh dan efek menguntungkan lainnya. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya