Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Produk Smarthome

Ilustrasi produk smarthome
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA – Saat ini, banyak beredar produk rumah tangga smarthome yang mempermudah kebutuhan rumah tangga. Mulai dari televisi, peralatan dapur, peralatan mencuci hingga perabotan kamar mandi. 

Tirai Pintar Bisa Dikendalikan dari Ponsel, Harganya Cuma Rp1,6 Juta

Dengan banyaknya produk smarthome yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan penggunanya, penting bagi konsumen memilih dengan bijak produk yang akan dibeli.

Director-Design Studio K&B Asia Pacific, Luncheak Tan memberikan informasi apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli produk smarthome.

Hati-hati, Perangkat Smart Home Jadi Sasaran Empuk Serangan Malware

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk smarthome. Pertama adalah menyesuaikan kebutuhan, fungsi produk, dan kenyamanan," katanya, saat ditemui VIVA di peluncuran KOHLER Konnect di BSD, Tangerang, Rabu 2 Mei 2018.

Luncheak mengatakan, produk smarthome diciptakan untuk mempermudah kehidupan penggunanya. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa pentingnya menyesuaikan kebutuhan apa yang diperlukan, dengan produk yang akan dibeli. 

Kolaborasi Xiaomi dan IKEA Bikin Perangkat 'Smart Home'

Hal berikutnya adalah fungsi produk smarthome. Biasanya dilengkapi dengan berbagai macam fungsi, dan teknologi terbaru. Karenanya, penting mencari tahu dan menanyakan mengenai spesifikasi dan teknologi apa saja yang terdapat di produk tersebut. 

Serta terakhir adalah kenyamanan. Menurut Luncheak, penting mengukur seberapa tinggi tingkat kenyamanan pembeli akan produk smarthome. Cara untuk mengukur tingkat kenyamanan adalah dengan mencoba, dan merasakan sendiri bagaimana kinerja dari produk smarthome tersebut. 

"Intinya jangan ragu untuk mencoba sendiri produk smarthome tersebut, agar Anda dapat mengetahui seperti apa rasanya, dan seperti apa kinerja teknologi dari produk smarthome tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya