Gatotkaca Zaman Now, Tunggangi Motor dengan Mata Tertutup

Atraksi Gatotkaca mengendarai sepeda motor dengan mata tertutup di Kota Semarang
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Tokoh superhero pewayangan Gatotkaca identik dengan kekuatan super yang bisa terbang. Namun, di Kota Semarang, Jawa Tengah jagoan pewayangan itu melakukan aksi nyentrik menunggangi sepeda motor dengan mata tertutup. Seperti apa?

Hina Suguta, Voice Actor dari Jepang, Berikan Pengalaman Seru di ANIMART Indonesia 2023

Atraksi tak biasa tokoh Gatotkaca ini dilakukan dengan melakukan konvoi sepeda motor dan mobil Jeep di sejumlah ruas kota Semarang, Sabtu, 5 Mei 2018. Rombongan start di depan Gedung Gubernuran Jalan Pahlawan, Simpanglima, Jalan Gajah Mada, Jalan Depok dan finish di Jalan Pemuda kompleks Balaikota Semarang.

Atraksi puluhan orang bekostum pewayangan itu cukup menyita perhatian. Selain atraksi berkendara dengan mata tertutup, mereka juga menyuguhkan tarian benuansa tadisional modern. Cukup atraktif.

Menantikan Gatotkaca Lounge, Bakal Ada Kompetisi Mabar Seru

Alex Efendi selaku produser dan sutradara aksi mengatakan, kegiatan itu dilakukan oleh sekumpulan seniman yang tergabung dalam Komunitas Seni Budaya Semarang. Mereka berasal dari berbagai komunitas seperti Komunitas Budaya Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Ikatan Paranormal Indonesia Semarang serta komunitas Jeep Semarang.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk turut berpartisipasi hari jadi kota Semarang ke-471. Ada sepeda motor dan 14 unit Jeep kita libatkan, " kata Alex.

BJ Habibie: Here are Some Masterpieces of Indonesian Third President

Atraksi Gatotkaca mengendarai sepeda motor dengan mata tertutup di Kota Semarang

Terkait aksi berkendara tak biasa itu, Alex mengaku hal itu tak mudah dilakukan. Butuh latihan yang cukup intens agar aksi yang terbilang berbahaya itu bisa berhasil. Terlebih aksi tersebut dilakukan di jalan raya.

"Maka kami tetap mengutamakan safety karena konvoi di jalan raya. Kami minta Satlantas Polres untuk mengawal, serta ada unsur kesehatan,” ujarnya.  

Atraksi Gatotkaca mengendarai sepeda motor dengan mata tertutup di Kota Semarang

Chris Dalang, selaku pemeran Gatotkaca menyebut, aksi bermotor dengan ditutup mata itu sudah dilakukan sebanyak lima kali. Selain mengendarai motor, ia juga kerap beraksi mengendarai mobil dengan mata tertutup.

"Ini sesuatu yang bisa dipelajari. Intinya yakin. Dari lima aksi semua berhasil dengan baik, " ujar pria yang juga Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Komunitas Budaya Taman Budaya Raden Saleh (UPTD TBRS) itu.

Sebuah prosesi doa bersama dilakukan jelang aksi ini dimulai. Konvoi dipimpin oeh tokoh Gatotkaca diikuti puluhan mobil Jeep yang ditumpangi para penari berkostum pewayangan dengan iringan musik. Konvoi Gatotkaca bermotor mata tertutup itu pun dilakukan dengan cukup sukses dan menghibur pengendara lain. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya