Cara Unik Pasar Ibuh di Payakumbuh Wujudkan Kebersihan

Pasar Ibuh, Payakumbuh, Sumatera Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Pasar tradisional biasanya identik dengan tempat yang becek dan banyak sampah berserakan di mana-mana. Namun, tidak demikian dengan Pasar Ibuh di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Harga Bawang Putih di Gianyar Naik Capai Rp 55 Ribu per Kilogram

Para pedagang di pasar ini sudah paham betul bagaimana mengelola sampah. Dinas Lingkungan Hidup Payakumbuh sejak tahun 2007 telah membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) untuk mengolah sampah pasar.

"Kami ingin mengubah perilaku dan memberikan contoh kepada masyarakat bahwa sampah bisa jadi kompos, tidak harus dibuang," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Payakumbuh, John Kenedi, saat ditemui di Pasar Ibuh, Selasa 8 Mei 2018.

Harga Daging Ayam dan Cabai di Pasar Tradisional Bandung Meroket

Setiap hari, John mengatakan, ada sekitar 3 ton sampah yang dihasilkan dari Pasar Ibuh. Semua sampah yang berjenis organik ini kemudian dibawa ke TPST dan diolah menjadi pupuk kompos. Cara tersebut sangat efektif dalam mengurangi sampah yang dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain itu, pasar menjadi terlihat lebih bersih dan rapi. Masyarakat pun semakin menyadari pentingnya mengelola sampah dengan baik untuk kenyamanan bersama.

Mendag Zulhas Klaim Harga Bahan Pokok Turun Jelang Lebaran

Tapi, semua itu tidak terjadi dengan mudah. Pemerintah sempat menghadapi kesulitan juga ketika pertama kali menerapkan aturan ini. Bagaimana pun, John mengakui, mengubah kebiasaan masyarakat tidaklah mudah.

Pasar Ibuh, Payakumbuh, Sumatera Barat

Meski begitu, pendekatan demi pendekatan terus dilakukan pemerintah. Hingga akhirnya, masyarakat dan pedagang di pasar dengan sendirinya menyadari bahwa kebersihan yang diupayakan bersama itu memberikan dampak yang luar biasa bagi mereka.

Bahkan untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat di pasar ini, Pasar Ibuh membuat stasiun radio di pasar yang disebut dengan RadioLand. Radio ini secara khusus menyiarkan berbagai informasi mengenai kebersihan di pasar.

"Radio ini sudah ada sejak tahun 2008 untuk menyiarkan informasi kepada pedagang dan pengunjung terkait kebersihan dan penataan pasar, serta program-program pemerintah," ujar Kepala Bidang Pasar Kota Payakumbuh Agus Rubiono.

Di samping itu, setiap tiga bulan sekali di pasar ini juga dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan berbagai pelaksanaan program kebersihan, Pasar Ibuh pun menjadi pasar percontohan di Kota Payakumbuh. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya