Ngaku Sayang Bumi, Perangi Sampah Plastik Pakai 5 Cara Ini

Dampak sampah plastik di laut.
Sumber :
  • Dok. IPB

VIVA – Penggunaan plastik dewasa ini telah menjadi bagian hidup manusia yang tak terhindarkan. Mulai dari kantong plastik belanjaan, botol minuman kemasan, hingga bungkus makanan.

Dua Sisi Sampah Plastik, Ramah Kantong tapi Tidak untuk Kesehatan

Beberapa waktu lalu Kementerian Lingkungan Hidup menyebut bahwa Indonesia menyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Tapi bukan berarti semua itu tidak bisa dikurangi. Ada cara mudah membiasakan diri untuk mengurangi sampah plastik. Berikut ini rangkumannya seperti dilansir dari Greenpeace.

Bawalah botol minuman yang dapat digunakan kembali

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Video sampah plastik di bawah laut Bali.

Membawa botol yang bisa dipakai lagi (reusable) saat ke kantor atau bepergian adalah cara yang efektif untuk mengurangi penggunaan plastik, karena Anda tidak perlu membeli air minum dalam kemasan. Langkah ini sekaligus membantu Anda untuk berhemat, kan?

1.000 Botol Plastik Disulap Jadi Perahu Keren, Hasil Karya Petugas ini Bikin Melongo!

Katakan tidak pada sedotan plastik

Terlihat sepele tapi tahukah Anda, sedotan plastik adalah ancaman buruk bagi lautan kita. Jika Anda memesan minuman, pikirkan apakah Anda perlu sedotan? Jika tidak, katakan saja tidak. Anda juga dapat meminta sejumlah kafe setempat untuk berhenti menambahkan sedotan ke minuman sebagai standar dan menawarkan sedotan kertas bagi mereka yang menginginkannya.

Hindari kemasan makanan atau belanjaan yang berlebihan

Salah satu upaya pusat perbelanjaan kurangi konsumsi plastik.

Kita semua bisa memerangi ketergantungan pada kemasan plastik, asal memiliki kesadaran bahwa sampah yang diakibatkannya benar-benar merugikan bumi, planet yang kita tinggali. Mulai dari langkah kecil di setiap kegiatan belanja kita, misalnya menolak pemberian kantong plastik berlebih yang tidak diperlukan, atau memilih tempat belanja. Beberapa supermarket sudah memiliki kesadaran akan hal ini, sehingga memfasilitasi kantong belanja ramah lingkungan.

Katakan tidak pada alat makan sekali pakai

Di tempat umum seperti kafe, stasiun kereta, banyak penjual menyajikan makanannya dengan alat makan sekali pakai, misalnya garpu dan sendok sekali pakai. Jika Anda peduli pada lingkungan, hindari hal itu, dan mulailah untuk membawa alat makan sendiri ke mana pun, yang bisa Anda cuci sesampainya di rumah.

Bawa tas belanja sendiri

Program Diet Kantong Plastik

Saat belanja di supermarket baik dalam jumlah kecil atau besar, kita sering mendapatkan kantong plastik untuk membawa semua barang belanjaan itu. Setelah di rumah plastik itu akan dibiarkan, tidak terpakai, dan berakhir di tempat sampah. Hal ini bisa dikurangi dengan membawa tas belanja sendiri saat pergi ke pasar atau supermarket.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya