Di Dubai, Ada Bagi-bagi Makan Sahur ke Masjid Pakai Drone

Ilustrasi drone
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Beragam cara dilakukan umat Muslim dari berbagai belahan dunia, untuk merayakan bulan Ramadan. Salah satunya dengan memperbanyak amal ibadah dan membantu sesama dengan membagikan santap sahur maupun berbuka puasa.

Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Seperti di Indonesia, kita mengenal istilah sahur on the road. Kegiatan membagikan makanan di jalanan yang dilakukan oleh sekelompok orang, untuk siapa saja yang membutuhkan makan sahur. Nah, di Dubai, Uni Emirat Arab, tradisi membagikan makan sahur, ternyata juga berlaku lho.

Di Ramadan tahun ini, The Community Development Authority - CDA (Otoritas Pengembangan Komunitas) di Dubai, meluncurkan program inovatif membagikan makan sahur ke masjid-masjid dan lingkungan di sekitarnya menggunakan drone.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Dilansir dari laman Alarabiya, tujuan dilaksanakannya program tersebut adalah meningkatkan pentingnya kerja sukarela dan mendorong masyarakat, serta organisasi untuk melakukan pelayanan dan tanggung jawab sosial. Disebutkan, ada sekitar 700 sukarelawan yang berpartisipasi.

Dubai Frame, Destinasi Wisata Terbaru di Dubai

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam


Halima Mohammed, kepala Dewan Pemuda CDA, meminta lebih banyak orang untuk menjadi sukarelawan. Menurutnya, melibatkan orang dalam kerja sosial adalah hal penting, dan ia harus menemukan cara yang memancing mereka ikut serta dalam gotong royong. Para sukarelawan itu bertugas mengawasi, membawa makanan, dan memantau pengiriman.

Khalfan Obeid, yang merancang sistem drone - kendaraan udara tak berawak - mengatakan, ini adalah ide inovatif yang menyimpan informasi dan peta lokasi masyarakat yang ditargetkan, sehingga drone mematuhi rute itu.

Obeid menambahkan bahwa satu drone diatur untuk membawa sekitar 10 kilogram sahur. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya