Jawahir Roble, Wasit Berhijab Pertama di Inggris

Jawahir Roble
Sumber :
  • Facebook Football Beyond Borders

VIVA – Jawahir Roble berhasil mengukir sejarah dalam FA. Dia menjadi wanita muslim pertama yang menjadi wasit di Inggris. Tak hanya itu, ia juga mengenakan hijab.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Wanita yang akrab dengan sapaan JJ ini menceritakan, pertama kali ia resmi mengikuti sebuah pertandingan, banyak pemain yang tidak percaya bahwa dia yang menjadi wasit.

"Saat pertama kali muncul ke sebuah pertandingan, Anda bisa mendengar beberapa anak laki-laki hanya tertawa, 'Tidak mungkin dia wasitnya? Tidak!' Tapi mereka bisa melihat kalau saya wasitnya karena saya mengenakan seragam lengkap," ujar JJ seperti dilansir laman Metro.co.uk.

Kisah 2 Pemuda Mualaf yang Bikin Geger, Orang Sekampungnya Auto Masuk Islam

Sekarang, para pemain hanya menanyakan pertanyaan yang pantas dan dia tidak pernah menghadapi kejadian seksisme di lapangan. Namun suatu kali, JJ mengingat, ada seorang pria yang mendatanginya dan mengatakan kalau dia menyukai wasit wanita.

Meski demikian, di dunia maya, masih ada kesan negatif pada dirinya. JJ sering mendapat komentar seperti, "Kamu tidak mengikuti aturan agamamu, kamu tidak mengikuti budaya."

Viral Kisah Pilu Seorang Suami Rela Jual Organ Tubuh demi Bisa Hidup Bersama Istri

"Tentu, sepak bola tidak ada dalam budayaku, tidak. Tapi, saya di sini untuk merombak stereotip itu. Anak perempuan bisa bermain sepak bola, anak perempuan bisa melakukan apapun yang mereka inginkan. Agama saya adalah bagian dari saya, dan saya mencintainya," kata JJ.

Bagi JJ, menjadi seorang muslim berarti menjadi orang yang baik, sopan, dan melakukan apa yang membuatnya bahagia, dan ia merasa sudah melakukan semua itu. Tapi ketika orang-orang mulai mencampuradukan budaya dengan agama, di situlah kebingungan terjadi, karena beberapa budaya amat sangat ketat, dan orang menyalahartikannya sebagai agama.

Berdasarkan hukum Islam, pria dan wanita tidak boleh saling bersentuhan, jadi JJ menggunakan sarung tangan agar bisa bersalaman dengan para pemain sepak bola.

Dia berharap bisa mendorong lebih banyak anak perempuan dan anak muda pada umumnya untuk ambil bagian dalam sepak bola. Dia tumbuh dewasa dengan bermain sepak bola sejak masih anak-anak di Mogadishu, Somalia, dan memutuskan untuk mengejar karier sebagai wasit lebih serius setelah mendapatkan lencana pelatih saat remaja di Inggris. Liga anak perempuan lokal kekurangan petugas pertandingan dan JJ pun menawarkan diri.

JJ saat ini menjadi wasit bagi negara FA seperti London dan Middlesex, begitu juga untuk pertandingan amatir di akhir pekan. Saat ini berada di level tujuh, JJ menargetkan mendapatkan promosi ganda ke level lima. Mentornya, Alan Hill, yakin JJ memiliki apa yang dibutuhkan untuk naik ke level satu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya