5 Cara Nonmuslim Rayakan Ramadan yang Menyentuh Hati

Ilustrasi suasana berbuka puasa
Sumber :
  • REUTERS / Esam Al-Omran Fetori

VIVA – Bulan suci Ramadan punya arti tersendiri bagi para umat Muslim. Di bulan ini, seluruh umat Muslim berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, baik dalam hal ibadah maupun dalam berhubungan dengan manusia lain.

Jovi Adhiguna Minta Maaf Usai Pamer Makan Bakso Campur Kerupuk Babi di Bakso Afung yang Halal

Nuansa Ramadan ternyata tidak hanya dirasakan oleh para umat Muslim. Sejumlah umat Kristen di seluruh dunia juga punya cara tersendiri untuk menghormati dan merayakan Ramadan bersama dengan para sahabat Muslim mereka.

Berikut ini beberapa contoh umat Kristen yang mendukung umat Islam di seluruh dunia selama bulan suci Ramadan, seperti dilansir dari Step Feed.

Viral Majalah Lawas Pemberitaan Al Zaytun, Rupanya Menerima Peserta Didik Nonmuslim

1. Salat Jumat dan Buka Puasa di Gereja Australia

Selama enam tahun terakhir, Gereja Anglikan St. Paul di Perth, Australia membuka pintu bagi umat Muslim setempat yang ingin mengadakan salat Jumat. Ramadan kali ini, gereja tersebut juga mengadakan buka bersama setiap pekan.

Polemik Siswi Nonmuslim Wajib Jilbab, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

2. Salat dan Buka Bersama di Gereja Uni Emirat Arab

Gereja Katedral St. George Jacobite Syrian Orthodox Simhasana di Abu Dhabi menjadi salah satu gereja pertama di Uni Emirate Arab yang menjadi tempat salat Jumat bagi umat Muslim. Gereja ini juga menyediakan tempat salat Maghrib pada tanggal 9 Juni tahun lalu, setelah buka puasa bersama bagi sekitar 200 pekerja Muslim yang tinggal di dekat tempat ibadah tersebut.

3. Buka Puasa di Gereja Amerika Serikat

Pada hari ke-10 bulan Ramadan tahun lalu, Gereja Methodis St. Luke di Indiana, Amerika Serikat menyelenggarakan buka puasa bersama, yang menyatukan orang-orang dari semua agama dan latar belakang.

"Saat ini, kita telah melupakan bahwa terlepas dari keyakinan dan latar belakang yang berbeda, semua agama di dunia berasal dari tiga prinsip yang sama, cinta, rasa hormat dan kasih sayang," kata Immad Ahmed, Direktur Eksekutif OBAT Helpers, yang mengadakan acara itu.

4. Buka Puasa di Gereja Selandia Baru

Demikian pula Holy Trinity Anglican Cathedral di Auckland, Selandia Baru, yang menyambut lebih dari 200 Muslim untuk berbuka puasa dalam semangat memfasilitasi rasa saling pengertian yang lebih mendalam antara umat Kristen dan Muslim.

5. Kristen Palestina Membangunkan Sahur

Selain sejumlah gereja yang memfasilitasi buka puasa bersama, seorang Kristen di Palestina bernama Michel Ayoub selama lebih dari 13 tahun telah menjalankan tradisi kuno membangunkan Muslim untuk sahur.

Michel Ayoub

Pekerja konstruksi dari kota Acre ini sepanjang bulan suci akan berjalan menyusuri sejumlah gang pada tengah malam, memukul drum membangunkan umat Muslim untuk sahur dan meneriakkan, "Ramadan, oh penyembuh hati".

(ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya