Rincian Biaya Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Sumber :
  • Jonathan Brady / Pool via REUTERS

VIVA – Dengan serangkaian prosesi, jumlah tamu yang diundang hingga beragam pernak-pernik, banyak yang bertanya berapa biaya yang dihabiskan dalam pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu, 19 Mei 2018 lalu.

Tas Hello Kitty Adik Pangeran Mateen, Putri Ameerah Curi Perhatian, Harganya Auto Bikin Nangis

Beberapa menyebut bahwa pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle mungkin menjadi salah satu dari 10 pernikahan termahal sepanjang masa. Bahkan biayanya lebih besar dari pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011 silam yang diperkirakan mencapai Rp380 miliar.

Para ahli di perusahaan Bridebook menyebut bahwa pernikahan Harry dan Meghan menghabiskan biaya mencapai Rp608 miliar. Mereka mengatakan bahwa sebagian besar biaya itu dialokasikan untuk keamanan, gaun Meghan, bunga-bunga, makanan dan minuman.

Terkuak Buku Perjalanan Kehidupan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah, dari Kecil Sudah Bersama

Baca juga:

Royal Wedding Meghan-Harry, Bahagia Berselimut Duka

Cantik dan Glamour Gaya Anisha Rosnah di Acara Royal Banquet Ceremony

Biaya lain termasuk untuk menyewa Windsor pada hari besar tersebut, dengan penjagaan ketat dari pihak kepolisian serta mengontrol dan membatasi massa yang ditempatkan di sejumlah toko dan restoran. Meskipun pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton lebih besar dan berlangsung di Westminster Abbey, namun biaya keamanan pernikahan Harry dan Meghan lebih mahal karena tingginya ancaman teroris.

Pakar kerajaan, Katie Nicholl berpendapat bahwa harga gaun Meghan jauh lebih murah dibanding yang dikenakan Kate Middleton. Seperti diketahui, Meghan mengenakan gaun putih rancangan Claire Waight Keller dari Givenchy.

Sementara itu, Bridebook merinci beberapa biaya utama royal wedding tersebut. Berikut ini rinciannya seperti dilansir dari The Sun.

- Rp1,7 miliar untuk 20 terompet berlapis perak yang digunakan untuk mengumumkan acara

- Rp950 juta untuk kue lemon elderflower dari Violet Bakery di London Timur

- Rp2,09 miliar untuk bunga yang menghiasi lorong Kapel St George di Kastil Windsor Castle dan Great Hall St George  

- Rp5,7 miliar untuk menyewa tenda kaca untuk resepsi malam di pekarangan Frogmore House

- Rp494 juta untuk sosis dan teh panas bagi 2.640 anggota masyarakat yang diundang

- Rp570 miliar untuk keamanan

- Rp5,7 miliar-Rp7,6 miliar untuk gaun Meghan

Dengan biaya yang sangat besar dikeluarkan saat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, siapa yang membayar pernikahan mereka?

Berdasarkan tradisi, ayah pengantin wanita membayar biaya pernikahan. Namun Istana Kensington memastikan Keluarga Kerajaan akan membayar beberapa tagihan. Klan Windsor membayar untuk kebaktian gereja, bunga, dekorasi, dan resepsi, tetapi tidak semuanya.

Meghan diperkirakan membayar untuk gaunnya. Sementara wajib pajak membayar tagihan untuk keamanan. Sebagai kompensasi, royal wedding diharapkan memberi kontribusi sekitar Rp9,5 triliun untuk ekonomi Inggris, yang berasal dari pariwisata hingga pernak-pernik atau suvenir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya