Ada-ada Saja, Ini 4 Mitos Tentang Puasa yang Ngaco Banget

Ilustrasi/Umat muslim sedang menikmati berbuka puasa selama ramadan
Sumber :
  • REUTERS / Kim Kyung-Hoon

VIVA – Ramadan dimulai pada bulan kesembilan dari kalender Islam dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Selama Ramadan, umat Islam tidak makan atau minum mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Makan tetap diperbolehkan hanya pada saat sahur atau tepat sebelum fajar dan saat berbuka puasa setelah matahari terbenam.

Menteri Agama Ingatkan Ormas Razia saat Ramadan Berpotensi Kerawanan

Puasa dimaksudkan untuk membantu mengajarkan muslim tentang pengendalian diri dan kemurahan hati. Menahan rasa lapar mengingatkan mereka pada saudara-saudaranya yang kurang beruntung.

Meski demikian ada banyak mitos tentang Ramadan yang beredar di masyarakat. Baik itu masyarakat muslim maupun non-muslim. Berikut ini empat di antaranya, dilansir dari indy100, Selasa, 22 Mei 2018.

VIDEO: 6 Iklan Inspiratif yang Bikin Hati 'Luluh Lantak'

Wajib puasa tanpa terkecuali

Salah satu mitos paling umum tentang Ramadan adalah bahwa Anda harus berpuasa apa pun yang terjadi. Padahal puasa selama Ramadan hanya diharapkan dari mereka yang cukup sehat untuk melakukannya. Jika Anda sakit, hamil, menyusui atau pada masa haid, Anda dibebaskan dari puasa.

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Tidak boleh menggunakan obat

Banyak orang yang selama ini mengira bahwa minum obat selama bulan Ramadan merupakan sesuatu yang dilarang. Di Inggris, Dewan Muslim Inggris telah mengeluarkan pernyataan yang mendesak orang untuk terus menggunakan obat tertentu, seperti obat tetes mata, tetes telinga, suntikan dan infus uretra.

Meski demikian obat-obatan yang diminum tentu akan membatalkan puasa. Karena itu, jika Anda sedang menjalani pengobatan, mungkin akan lebih baik jika tidak perlu berpuasa dulu.

Sikat gigi.

Tidak boleh sikat gigi

Menyikat gigi selama Ramadan sama sekali tidak dilarang, bahkan justru dianjurkan. Ramadan adalah bulan mencari kemurnian, baik fisik dan spiritual, sehingga kebersihan tentu saja harus dijaga. Apalagi dalam Islam, kebersihan adalah sebagian dari iman.

Tidak boleh menelan ludah sendiri

Tentu saja tidak mungkin untuk tidak menelan air liur Anda sendiri, karena itu adalah refleks alami. Namun, mencium pasangan Anda selama berpuasa tidak diperbolehkan, karena inti dari puasa adalah kemampuan untuk mengendalikan hasrat Anda. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya