Cinta Lingkungan, Nadine Chandrawinata Pungut Sampah di Laut

Nadine Chandrawinata di Pulau Utara Selandia Baru.
Sumber :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

VIVA – Artis sekaligus pegiat lingkungan, Nadine Candrawinata, dikenal dengan hobi traveling dan menyelam di laut. Melalui hobinya itu, ternyata Nadine berniat menularkan cara menjaga kebersihan lingkungan di Tanah Air.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Dikatakan Nadine, sampah plastik menjadi perhatiannya saat ia traveling. Sebab, tak sedikit sampah plastik yang beredar di sekeliling terumbu karang di laut tempat ia menyelam.

"Sampah bukan hanya masalah di Indonesia, juga di semua negara. Tapi sangat disayangkan kita urutan kedua penghasil sampah plastik tertinggi. Saya penyelam dan sering ketemu sampah di laut, khususnya sampah plastik yang nyangkut di terumbu karang," ujar Nadine dalam acara #BijakBerplastik di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018.

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

Melihat hal tersebut, Nadine kemudian menyelam di laut sambil membawa misi mengumpulkan sampah plastik di beberapa titik di laut. Apalagi, ia mengaku bahwa sampah plastik di laut bisa membahayakan penghuni di dasar lautan.

"Kalau kanan kiri ada sampah ngambang di permukaan, bisa bahayakan satwa laut. Jadi aku mengumpulkan sampah enggak hanya di satu titik, tergantung curah hujan dan arus iklim, di situ nyari sampah di terumbu karang," kata dia.

300 Ribu Wisatawan Indonesia Diprediksi Bakal Kunjungi Korea di 2024, Ini Kata KTO

Nadine menegaskan agar masyarakat lebih ramah bersikap terhadap lingkungan. Bijak dalam mengumpulkan dan mencegah sampah plastik beredar di sekitarnya. Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah.

"Kalau traveling bisa enggak bawa botol plastik, tapi bawanya tumbler. Kalaupun bawa botol plastik, bisa dikumpulin dulu. Belanja juga bisa pakai tas belanjaan sendiri agar tidak buang-buang sampah plastik," ungkapnya.

Ilustrasi traveling.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Impian liburan ke luar negeri tak pernah semudah ini! Bagi Anda yang menginginkan liburan seru ke berbagai destinasi menarik, maskapai Airasia memberikan diskon terbang.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024