Jelang Lebaran, Jasa Penitipan Kucing Laris Manis

Pet Shop kebanjiran rezeki
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Mudik menjadi salah satu ritual wajib saat hari raya tiba. Kesibukan mempersiapkan keperluan pulang kampung menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi banyak orang, dari membawa buah tangan untuk kerabat dan tetangga di kampung halaman, pakaian lebaran, hingga merancang liburan bersama. 

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Biasanya di saat seperti inilah pemilik rumah harus juga memikirkan keamanan kediaman yang mereka tinggalkan. Dari api, listrik, air, semuanya harus dipastikan aman dan tak mengundang niat jahat. Menitipkan rumah pada tetangga dan satpam komplek juga jadi solusi. 

Urusan titip menitip ternyata tak hanya sampai di situ saja. Bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan, menitipkan hewan selama mudik juga harus dilakukan, selain lebih praktis tapi juga karena tak mungkin membawa hewan kesayangan dalam perjalanan jarak jauh. 

KAI Klaim 'Zero Accident' Selama Mudik Lebaran 2018

Alhasil banyak petshop yang mulai kebanjiran hewan-hewan peliharaan untuk dititipkan. Seperti beberapa petshop yang terletak di kawasan Grand Wisata dan Mutiara Gading, Bekasi, Jawa Barat. 

"Sudah mulai dari tanggal 6 Juni kemarin, dan biasanya semakin banyak mendekati hari H," kata Nita, salah satu pegawai di petshop Wisata Satwa, Grand Wisata, saat ditemui Selasa 12 Juni 2018. 

Sepanjang Musim Mudik 2018, KAI Angkut 6,2 Juta Penumpang

Hal serupa juga dialami Kuala petshop. Bahkan hari ini saja mereka sudah menerima lebih dari tujuh kucing dalam satu hari. 

"Baru sampai hari ini sudah lebih dari tujuh. Mendekati hari raya, sekitar tanggal 14 biasanya akan lebih ramai," ujar Fitri pegawai di Kuala Petshop. 

Rata-rata peningkatan penitipan hewan seperti kucing dan anjing bisa mencapai tiga kali lipat dibanding hari biasa. Para pemilik hewan peliharaan tersebut biasanya menitipkan hewan kesayangan mereka sekitar tujuh hingga 21 hari atau tiga minggu paling lama.

Soal harga, rata-rata petshop mematok harga yang sama. Untuk satu hari, pemilik hewan peliharaan dikenai biaya Rp50 ribu untuk kucing berbagai jenis ukuran, sedangkan untuk anjing tergantung berat badan mereka, dengan harga mulai dari Rp70 ribu hingga Rp100 ribu.

Meski harga penitipan sudah termasuk makanan, bagi pemilik yang memberi makanan khusus untuk kucing mereka diwajibkan membawa makanan mereka sendiri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya