5 Kebiasaan yang Selalu Ada Saat Lebaran di Indonesia

Ragam Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Lebaran Ketupat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA – Setiap negara yang merayakan Hari Raya Idul Fitri, tentunya memiliki cara tersendiri dalam menyambut hari kemenangan tersebut. Tak terkecuali di Tanah Air yang memiliki tradisi tak terlupakan di hari Lebaran setiap tahunnya.

Peringati Ulang Tahun Gorila Komu, Taman Margasatwa Ragunan Bakal Gelar Atraksi Beri Hadiah

Dilansir dari laman Culture Trip, Indonesia memiliki cara unik dalam merayakan Lebaran, mulai dari berbelanja baju baru hingga membuat ketupat. Dan berikut deretan tradisi Lebaran di Indonesia yang tak pernah terlupakan.

1. Salat di Mesjid Istiqlal

Knowing 5 Eid al-Fitr Traditions in Indonesia

Siapa yang tidak tahu mesjid mewah yang satu ini. Terletak di pusat kota Jakarta, ribuan orang tiap tahunnya datang untuk beribadah di Mesjid Istiqlal saat Lebaran tiba. Mesjid cantik dan menjadi bangunan historikal ini biasanya juga menjadi tujuan para turis untuk mengenal agama Islam di Tanah Air.

2. Silaturahmi

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Konsep silaturahmi saat Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Mengunjungi sanak saudara dekat hingga jauh dan tetangga sambil bermaaf-maafan, merupakan hal yang menyenangkan dan selalu berkesan.

3. Membantu masyarakat kurang mampu

Membayar zakat merupakan kewajiban tiap Muslim yang mampu. Saat membayar zakat, biasanya diberikan pada organisasi lokal atau di mesjid tertentu. Di kesempatan ini, biasanya secara tidak langsung ikut membantu masyarakat yang membutuhkan.

4. Belanja baju baru

Bertaburnya diskon di pusat perbelanjaan diiringi dengan tradisi pakaian baru saat Lebaran, menyebabkan pusat perbelanjaan mendekati hari Raya menjadi sangat ramai oleh masyarakat yang ingin berbelanja.

5. Masak ketupat

Olahan nasi yang dibungkus dari anyaman daun kelapa berbentuk persegi atau disebut dengan ketupat, sudah menjadi makanan khas yang selalu ada saat Lebaran tiba. Ketupat biasanya tersaji dengan makanan tradisional seperti opor ayam dan rendang atau sambal goreng hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya