Ketika Para Kucing Ditinggal Mudik

Pet shop di Surabaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, Kota Surabaya, Jawa Timur, sudah terasa sepi. Mayoritas warga sudah pulang ke kampung halamannya di desa untuk merayakan Lebaran bersama keluarga besar. Rumah-rumah di perkotaan kosong ditinggal mudik penghuninya. 

Jelang Lebaran, Jasa Penitipan Kucing Laris Manis

Lalu bagaimana dengan hewan peliharaan warga kota saat mudik? Nah, itu dia peluang bisnis bagi rumah penitipan hewan, salah satunya Pradika Rabbit Pet Shop. Rumah penitipan hewan yang berada di Jalan Karah Agung 3/16 Surabaya itu mendulang keuntungan dari musim mudik kali ini.

Di Pradika Rabbit Pet Shop, jumlah hewan peliharaan yang dititipkan tuannya saat libur Lebaran berlipat-lipat dibandingkan hari biasa, yakni 150 ekor. "Ada ratusan (hewan), didominasi kucing, yang lain kelinci dan marmut," kata Dokter Hewan Pradika Rabbit Pet Shop, Nimas Ayu Pratiwi, Kamis, 14 Juni 2018.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hal sama ketika pada perayaan besar lainnya, seperti kala libur Tahun Baru dan Natal. Pada hari biasa, lanjut Nimas, konsumen yang menitipkan hewannya jumlahnya hanya puluhan, antara 30 sampai 40 ekor. "Tahun baru dan Natal juga hampir sama, jumlah hewan yang dititipkan naik sampai lima kali lipat," ujarnya. 

Pradika Pet Shop memiliki banyak kandang hewan kecil berukuran 60 x 40 sentimeter sampai 70 x 40 sentimeter. Kandang-kandang itu cukup menampung sebanyak 250 ekor. "(Ukuran) Kandangnya menyesuaikan dengan ukuran hewannya," ucap Nimas. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Bagi penitip hewan, tarif yang dikenakan yakni Rp40 ribu/malam untuk kucing dan Rp30 ribu/malam untuk kelinci dan marmut. Fasilitas yang disediakan, terang Nimas, ialah pemeriksaan kesehatan hewan setiap hari, makanan premium holy steak grand free yang bahannya dari daging murni. "Fasilitas tambahan grooming ada tambahan biayanya Rp30 ribu," ujarnya. 

Harga itu adalah tarif normal. Untuk memantik ketertarikan pemilik hewan, Pradika Pet Shop menyebarkan promosi potongan harga sepuluh persen jauh hari sebelum Lebaran. "Customer takut kalau peliharaannya menderita stres bila ikut dalam perjalanan (mudik)," kata Nimas. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya