Yuk Liburan Sambil Kenalkan Anak dengan Serangga Madagascar

Kecoa Madagascar
Sumber :
  • Courtesy Akuarium Indonesia

VIVA – Momen hari libur lebaran, bukan berarti hanya bisa diisi dengan bermain dan bersenang senang. Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan hal-hal baru pada si kecil. 

Rayakan Liburan, Eksplor Keajaiban 2 Dunia 'Whimsical Chocorium' di Jakarta Aquarium & Safari

Untuk orangtua yang bingung mengajak anak berlibur sekaligus mengenalkan hal baru, kini orang tua bisa mengenalkan anak pada seranga-serangga Madagascar di Jakarta. Mulai Juni 2018, orangtua bisa mengajak si kecil mengenalkan serangga unik di zona 5 yaitu zona nurseries of the sea, Jakarta Aquarium. 

Di zona tersebut, pengunjung bisa berinteraksi langsung seperti memegang, bermain, serta berfoto dengan stick insect dan leaf insect dari Jawa Barat yang tubuhnya menyerupai daun,  juga Madagascar cockroach atau kecoa madagacar.

5 Rekomendasi Wisata di Jakarta Untuk Libur Sekolah dari Rumah Hantu hingga Aquarium

Menurut Hans Manansang, Direktur Jakarta Aquarium Indonesia, kecoa ini bukan seperti kebanyakan kecoa, yang ada di rumah dan memiliki bau yang kurang sedap, melainkan kecoa hutan.

stick insect

Kenapa Jakarta Aquarium Dibangun di dalam Mall? Ini Alasannya

"Kecoa Madagaskar memiliki beberapa keunikan yaitu mengandung protein lebih banyak tiga kali lipat dari ayam atau dagings api," kata Hans dalam siaran pers yng diterima VIVA, Selasa 18 Juni 2018. 

Keunikan lainnya, lanjut Hans, adalah saat dipegang tubuh kecoa Madagaskar ini mereka akan mengeluarkan berbunyi “ssssshhhh”. 

leaf insect

Memberikan edukasi dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan jumlah hewan asli Indonesia bisa dimulai dengan memberi kesempatan masyarakat mengenal hewan itu. 

"Dengan melihat langsung dan berinteraksi, kami mengharapkan masyarakat lebih peduli akan bahaya berkurangnya habitat, serta perlunya melestarikan hewan", ungkap Hans.

Kedatangan para penghuni dunia serangga ini sekaligus menambah koleksi satwa darat yang dikonservasi di Jakarta Aquarium. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya