Remaja Tajir Bikin Setelan Mirip Dr.Octopus Musuh Spiderman

Setelan Dr. Octopus, musuh Spiderman buatan seorang remaja tajir.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Bagi penggemar film Spiderman tentu sudah tidak asing dengan salah satu tokoh antagonis bernama Dr. Octopus. Nah, baru-baru ini, Erik Finman, jutawan Bitcoin termuda dunia, baru saja menciptakan versi fungsional dari empat lengan prostetik Dr. Octopus.

Aksi Lucu Cipung Memakai Kostum Spiderman Bikin Netizen Gemas

Dilansir dari Oddity Central, Rabu, 20 Juni 2018, Finman yang berusia 19 tahun memulai kariernya di cryptocurrency ketika ia baru berusia 12 tahun, dengan menginvestasikan hadiah Rp14 juta dari neneknya di Bitcoin.

Sekarang uang itu bernilai sekitar US$3 juta (Rp42,3 miliar) dan dianggap sebagai salah satu remaja paling berpengaruh di dunia.

Gara-gara Punya Nama Serupa, Uang Bonus Tom Holland Nyasar ke Rekening Tom Hollander

Dia telah terlibat dalam beberapa proyek selama beberapa tahun terakhir, mulai dari start-up hingga kolaborasi yang sedang berlangsung dengan NASA.

Finman sendiri menciptakan empat lengan prostetik mekanik itu gara-gara Aristou Meehan, yang ayahnya adalah teman Finman.

Seorang Bocah Sengaja Digigit Laba-laba Beracun, Alasannya Ingin Jadi SpiderMan

Meehan menderita sindrom hipermobilitas dan selalu percaya bahwa memiliki setelan mirip Dr. Octopus, akan membuat segalanya jauh lebih mudah baginya. Tentunya, peluang untuk mendapatkan perangkat yang ditampilkan dalam buku komik sangat langka. Tetapi itu tidak menghentikan Meehan untuk memikirkan konsep yang layak untuk empat lengan prostetik mekanik.

Dan ketika Erik Finman melihat konsep buatan Meehan, dia memutuskan bahwa membuatnya menjadi kenyataan adalah sesuatu yang patut dicoba.

“Dia datang dengan ide ini karena dia adalah penggemar buku komik, penggemar Spiderman. Dia mengatakan, memiliki setelan Dr. Octopus akan menyelesaikan masalahnya,” kata Finman.

Kemudian, jutawan muda itu pun mengumpulkan ‘tim insinyur ragtag’ dan mulai membuat lengan Dr. Octopus sesuai dengan yang ada di komik dan filmnya. Tetapi itu membutuhkan puluhan juta dolar. Finman dan timnya pun memutuskan untuk mengandalkan pencetakan 3D dan membuat printer sendiri.

Proses desain dan manufakturnya sendiri memakan waktu sekitar enam bulan, yang merupakan periode yang relatif singkat untuk proyek ambisius semacam itu. Namun, hasilnya cukup mengesankan.

Sesuai dengan inspirasinya, lengan prostetik mekanik yang tidak biasa ini menampilkan empat tentakel fleksibel yang dikendalikan melalui mikrokontroler yang dipasang di belakangnya dan ditenagai oleh total delapan servo-motor. Motor itu sendiri didukung oleh baterai Lithium Motorcycle 4-sel yang relatif kecil.

Saat ini, setelan Dr. Octopus yang mengesankan itu hanyalah prototipe yang mampu membantu Meehan mengangkat benda-benda ringan dan membuatnya terlihat keren di depan teman-temannya atau di acara-acara cosplay seperti ComicCon. Tetapi tampaknya itu juga merupakan pertanda akan hal-hal yang bisa diciptakan di masa depan.

Finman percaya bahwa dengan penyempurnaan dan modifikasi lebih lanjut, suatu hari nanti setelan itu akan mampu mengangkat sesuatu yang seberat mobil dan memiliki aplikasi di berbagai industri, seperti konstruksi atau industri medis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya