Tips Menghemat Uang Berdasarkan Zodiak

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setiap orang punya cara berbeda-beda dalam menyimpan uang. Ada yang mudah menyimpan uang, namun ada pula yang kesulitan untuk menyisihkan uangnya untuk menabung. 

Ramalan Zodiak Rabu 27 Maret 2024: Bisnis Taurus Merugi, Kesabaran Pisces Diuji

Anthony Badillo, seorang perencana keuangan mengatakan bahwa ternyata membiarkan orang merencanakan keuangan sesuai kecenderungan pribadi masing-masing akan lebih berhasil daripada harus menyarankan mereka melakukan sesuatu. 

Karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berhemat yaitu dengan berdasar karakter zodiak masing-masing. Dilansir laman thisisinsider, berikut ini tips menghemat uang berdasarkan zodiak.

Ramalan Zodiak Selasa 26 Maret 2024, Kehidupan Cinta Aries Tidak Berjalan Lancar

Aries

Karakter Aries yang cenderung bertindak tanpa berpikir terlebih dulu yang harus diwaspadai. Seperti memutuskan langsung belanja online tanpa berpikir ulang. Dalam hal ini Badillo menyarankan pada mereka agar sebaiknya menyimpan barang yang akan dibeli di keranjang belanja, dan tunggu hingga 24 jam. Jika keesokan harinya masih ingin membeli, maka beli. 

Ramalan Zodiak Senin 25 Maret 2024, Leo: Jangan Andalkan Orang Lain

Menurutnya, semakin sering melakukan hal tersebut, mereka akan menyadari tak begitu membutuhkan barang-barang tersebut. Jadi dibanding harus membeli barang, mereka akan menyimpan uang tersebut nantinya. 

Taurus

Senang akan barang-barang mewah, sering kali membuat Taurus kebobolan. Untuk menghadapi sifat Taurus ini, Stefanie O'Connell, penasihat keuangan, menyarankan agar membandingkan keinginan saat ini yang ada di depan mata dengan keinginan tahun depan, atau 5 hingga 10 tahun ke depan. 

Ilustrasi zodiak

"Ketika kita bisa melihat jauh keluar dan mengingat bahwa setiap uang yang dihabiskan saat ini bisa jadi besok tak bisa didapatkan di manapun, ini akan membuat sudut pandang baru untuk memilih menyimpan daripada menghabiskan."

Gemini

Dikenal sebagai pribadi yang suka berubah-ubah dan tidak bisa diprediksi, Gemini cukup berisiko dalam hal keuangan. Menurut mereka menyimpan uang untuk masa tua adalah konsep yang menantang, karena saat ini masih berusia muda. 

Cara menghemat uang adalah dengan men-set transfer otomatis penghasilan sehari-hari pada tabungan terpisah. 

Cancer

Pekerja keras dan suka menabung atau berinvestasi, Cancer juga senang melihat hasil investasinya berkembang, dan memiliki banyak uang di bank. 

Meski umumnya Cancer tak perlu tips untuk mengatur keuangan, yang perlu diingat adalah, ada kalanya untuk sesekali menikmati uang yang dihasilkan dan memanjakan diri sendiri. 

Leo

Ambisius dan kreatif, leo juga umumnya tidak mengalami kesulitan untuk menghasilkan uang. Tapi menurut Nicholas Holeman, seorang perencana keuangan, mengatakan untuk seseorang seperti ini seharusnya lebih selektif dalam memilih. 

"Boleh saja royal pada barang yang bisa mendatangkan kebahagiaan, selama kamu juga hemat dalam hal lainnya. Seperti pepatah mengatakan 'kamu bisa memiliki apapun yang kamu inginkan, tapi tidak semuanya.'"

Virgo

Pekerja keras, berpikir praktis dan berhati-hati. Kepribadian ini biasanya menjadi kelebihan sendiri kalau menyangkut masalah keuangan, tapi perlu diingat, tidak ada salahnya sesekali menghabiskan uang untuk membuat hidup lebih mudah.

Libra

Meski Libra cukup baik dalam menyeimbangkan antara menabung dan pengeluaran, tapi mereka tidak suka sendirian. Jadi terkadang mereka senang menghabiskan malam di tempat hiburan, makan malam dengan teman. 

Untuk itu, sebaiknya mulai buat anggaran pengeluaran untuk hal tersebut, seperti menonton konser, makan. 

Scorpio

Meski bukan tipe yang terlalu banyak menghabiskan uang, bicara soal uang dengan Scorpio menjadi tantangan sendiri. Hal ini bisa menjadi halangan sendiri untuk merencanakan masa depan, entah bersama profesional ataupun keluarga. Karena Scorpio cenderung tidak percaya dan tidak merasa aman membicarakan keuangan mereka pada orang lain. 

Sagitarius

Senang berjalan-jalan dan menghargai kebebasan. Sagitarius termasuk pribadi yang tertarik untuk mendapat pengalaman dibanding membeli barang. Mereka juga cenderung tidak sabar, sehingga menghabiskan uang berlebih. Untuk menghindari ini, sebaiknya ambil sedikit waktu untuk melakukan penelitian lagi untuk mendapat tawaran terbaik pesawat atau hotel. 

Capricorn

Yang menjadi masalah Capricorn adalah kontrol pribadi yang membuat mereka menjadi sedikit menghakimi orang lain yang tidak melakukan hal sama, terutama dalam hal uang. 

"Tahan hasrat untuk merasa bingung antara kekayaan yang dimiliki dengan nilai diri, keduanya sama sekali tidak berhubungan," kata Dempsey. 

Aquarius

Jangan terlalu dermawan dengan uang yang bisa merugikan diri sendiri. Badillo menyarankan agar membuat prioritas, dari diri sendiri, kemudian keluarga, berdonasi, atau apapun yang diinginkan. 

Pisces

Pisces tak begitu peduli dengan uang, karena banyak hal lebih penting dalam hidup. Karena itu, kuncinya adalah bagaimana membuat Pisces berpikir bahwa uang juga merupakan masalah yang perlu diperhitungkan. 

"Di saat mereka mengerti bahwa ini  bisa menjadi pencapaian, mereka akan lebih peduli, tidak hanya tentang menghasilkan uang tapi juga bagaimana menggunakannya," kata Badillo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya