Serunya Pertunjukan Ondel-ondel di Dalam Air

Pertunjukan ondel-ondel di dalam air.
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria Fundrika

VIVA – Ada pertunjukan yang berbeda saat mengunjungi akuarium utama Sea World Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 22 Juni 2018. Sepasang ondel-ondel yang mengenakan pakaian berwarna merah dan pink terlihat menari di dalam air.

Peduli Kesenian Tradisional, Idris Sandiya Kampanye Kreatif Lewat Ondel-ondel

Tak hanya itu, dua orang pria juga beradu silat di dalam air, mengiringi datangnya ondel-ondel tersebut. Pertunjukan ondel-ondel dalam air ini memang sengaja digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta yang ke-491.

Menurut Corporate Communication Ancol, Rika Lestari, pertunjukan ondel-ondel dalam air ini bisa disaksikan mulai dari 22 Juni hingga 25 Juni 2018, setiap pukul 14.15 WIB. Pertunjukan ini sendiri berlangsung selama kurang lebih 15 menit.

50 Ondel-ondel di Taman Suropati Akan Sambut Kedatangan Prabowo-Gibran Saat ke KPU

Menampilkan aksi ondel-ondel dalam air tentu bukanlah hal yang mudah. Ini seperti diungkapkan oleh Ikmal, salah satu tim penyelam yang mempertunjukan penampilan ondel-ondel.

"Kesulitannya kami membutuhkan tenaga yang ekstra besar, karena ada arus yg cukup besar sehingga harus bisa menjaga keseimbangan agar tetap maksimal," ucap Ikmal saat ditemui di Sea World Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 22 Juni 2018.

Segini Penghasilan Badut dan Ondel-ondel di Jakarta, Ada yang Sampai Rp500 Ribu per Hari

Ia juga mengungkapkan, untuk pertunjukan ondel-ondel ini, iIkmal dan tim memerlukan waktu kurang lebih satu minggu untuk melakukan latihan. Terlebih ondel-ondel yang digunakan pun memiliki massa yang cukup berat.

"Ini beratnya sekitar 30 kilogram kalau di atas air dan kemudian ditambah pemberat lima sampai enam kilogram," ujar Ikmal.

Sebagai informasi, pada hari Senin, 25 Juni 2018 mendatang, Ancol juga memberikan tiket gratis untuk para pejalan kaki, mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya