Cantik dan Cerdas, Umur 35 Tahun Sudah Jadi Menteri

Yeo Bee Yin
Sumber :
  • Instagram Yeo Bee Yin

VIVA – Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad pada awal pekan ini telah melantik sejumlah menteri. Dan salah satu yang menjadi sorotan adalah Syed Saddiq.

PM Malaysia Muhyiddin Yassin Mengundurkan Diri, Siapa Penggantinya?

Menteri berusia 25 tahun itu menjadi yang termuda di kabinet Mahathir. Dia diberi kepercayaan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Selain Syed, nama menteri lain yang juga menjadi sorotan adalah Yeo Bee Yin.

Wanita berusia 35 tahun itu ditunjuk sebagai Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup Malaysia. Dikutip dari The Sun Daily, menteri wanita kelahiran 26 Mei 1983 juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pakatan Harapan Pemuda dan National Assistant Publicity Secretary Democratic Action Party (DAP).

Mahathir Mohamad: Negara Israel Dibentuk dari Tanah Palestina

Wanita paling muda dalam jajaran menteri kabinet PM Mahathir Mohamad itu mulai berkarier di dunia politik pada usia 29 tahun. Saat itu, dia untuk pertama kali bersaing dalam Pemilu ke-13. Yeo pun terpilih sebagai anggota parlemen di distrik Damansara Utama, negara bagian Selangor.

Mahathir Mohamad Dipecat Partainya Sendiri

Dia berhasil memenangkan 30.689 kursi. Dan hal itu membuatnya menjadi anggota termuda di Dewan Perwakilan Negara Selangor. Sementara dalam Pemilu ke-14, dia kembali ke negara asalnya di Johor dan menang dengan 23.211 suara mayoritas. Ini adalah suara tertinggi yang pernah dicapai dalam konstituensi parlemen.

Yeo adalah seorang insinyur berpengalaman. Dia menyelesaikan studinya di jurusan Teknik Kimia Universitas Teknologi Petronas dengan predikat First Class Honours. Selain itu, dia juga jebolan Teknik Kimia Tingkat Lanjut dari Universitas Cambridge, Inggris. Dia adalah penerima beasiswa bergengsi dari Cambridge untuk studi pascasarjananya.

Selain dikenal cerdas dan berprestasi, Yeo juga sangat dermawan. Dikutip dari Options the Edge, Yeo tak hanya menawarkan kelas gratis bagi siswa dari keluarga miskin tetapi juga menjalankan program bank makanan bulanan yang menyediakan kebutuhan dasar bagi banyak orang yang membutuhkan. Dia juga bekerja dengan gerakan DAP Impian Malaysia, yakni sebuah proyek perdana di Kampung Sait, Serawak yang bertujuan meningkatkan infrastruktur dasar, seperti jalan, air dan listrik bagi masyarakat. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya