10 Ribu Wisatawan Bakal Ramaikan Borobudur Art Festival 2018

Candi Borobudur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Event Borobudur International Arts and Performance Festival 2018 akan kembali digelar di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gelaran tersebut akan diramaikan oleh ratusan seniman serta mendatangkan 10 ribu wisatawan.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Event berskala internasional di destinasi unggulan Jateng itu bakal digelar pada 6-8 Juli 2018. Sajian kesenian tak hanya diisi oleh seniman domestik melainkan juga mancanegara. Mereka akan unjuk gigi memamerkan potensi pariwisata unggulan dari berbagai daerah kepada wisatawan asing.

"Event ini akan dibuka pada Jumat, 6 Juli 2018 pukul 09.00 WIB. Pembukaan diisi sajian seniman domestik dan mancanegara,” kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng, Alamsyah, Kamis, 5 Juli 2018.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Festival rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan pemukulan kentongan. Dilanjutkan dengan prosesi arak-arakan serta tari-tarian massal dari daerah dan mancanegara.

Ia memprediksi tak kurang dari 10 ribu wisatawan domestik dan mancanegara akan hadir dalam pagelaran seni internasional tahunan ini. Kegiatan itu diharapkan akan mendongkrak sisi ekonomi serta pemasukan negara.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

"Kegiatan yang kini digelar setahun sekali ini akan menjadi salah satu kalender event wisata tingkat dunia," ucapnya.

Sejumlah seniman yang terlibat pada pertunjukan pembuka di antaranya seniman dari Sanggar Kinara-Kinari, dua tim seniman dari luar Jawa Tengah, Dora perwakilan dari Hongaria, Christian, delegasi Costa Rica, Widya Ayu Kusuma Wardani, seniman asal Banyumas dan ethnic music yang akan dibawakan oleh Grup Musik Nasional.

Yang paling unik, sesi pembukaan ini  juga dimeriahkan dengan music perkusi ethnic serta penyalaan 100 obor di area Lumbini. Selain itu juga ada penyalaan lampu di stupa Candi Borobudur. Atraksi lighting berwarna-warni ini akan membuat Borobudur semakin terlihat cantik. Ditambah lagi dengan pesta kembang api di kompleks candi.

Sabtu, 7 Juli 2018 kegiatan Borobudur Internasional Arts adan Performance Festival diisi dengan pameran wisata unggulan dari berbagai daerah sejak pukul 09.00 WIB. Malam harinya, akan ada pertunjukan oleh para seniman lokal dan mancanegara. Mereka adalah Estefania Pifano asal Venezuela, Dolly Nofer asal Padang Panjang, serta Juniro Sitongan seniman asal Tapanuli.

Di hari terakhir, Borobudur World Music menutup rangkaian festival seni budaya tersebut. Seniman dari Jawa Tengah bakal membuka pegelaran pada hari terakhir yang dilanjutkan oleh sajian pertujukan dari dua seniman luar Provinsi Jawa Tengah.

Sean Hayward musisi asal Amerika Serikat dan Agniezka Uzma musisi asal Polandia melanjutkan performance pagelaran di hari ketiga yang diteruskan tarian penutup oleh penari dari luar Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya