5 Menteri Termuda di Seluruh Dunia, No 4 Lagi Viral

Syed Saddiq, Menteri pemuda dan Olahraga Malaysia
Sumber :
  • Instagram Syed Saddiq

VIVA – Terpilihnya Syed Saddiq sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, sekaligus membuatnya menjadi menteri termuda di negara itu. Hal ini juga menandakan mulai munculnya generasi-generasi muda di pemerintahan.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Tapi, Syed jelas bukan yang pertama dan satu-satunya menteri termuda. Beberapa lainnya juga telah membuktikan, bahwa generasi muda tak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Lantas siapa sajakah yang pernah menjabat sebagai menteri termuda di dunia? Berikut ini lima di antaranya, yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

1. Simon Harris

Simon Harris adalah seorang politisi asal Irlandia kelahiran 17 Oktober 1986. Harris lahir di Greystones. Ia belajar Jurnalisme dan Bahasa Prancis di Institut Teknologi Dublin. Pada 2016, ia dipercaya untuk menjadi Menteri Kesehatan.

Kisah 2 Pemuda Mualaf yang Bikin Geger, Orang Sekampungnya Auto Masuk Islam

Dia dilantik menjadi Menteri Kesehatan saat usianya 29 tahun. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Bagian di Departemen Keuangan PER dan Taoiseach sejak 2014-2016.

2. Sebastian Kurz

Sebastian Kurz adalah pemimpin Partai Rakyat Konservatif Austria atau OVP, yang pertama dalam pemilihan legislatif Austria.

Kurz lahir dan tinggal di Wina. Dia telah menjadi Menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi sejak 2013 pada usia 27 tahun. Dan pada usia 31 tahun, dia menjadi  Presiden Austria setelah partai yang dipimpinnya memenangkan Pemilu Austria pada 15 Oktober 2017. Ini menjadi dia sebagai pemimpin termuda yang pernah dimiliki Austria.

3.Shamma Al Mazrui

Shamma Al Mazrui lahir dan dibesarkan di Abu Dhabi. Ia memiliki gelar Bachelor of Arts dalam bidang Ekonomi dari New York University Abu Dhabi. Dia lulus dengan gelar Magister Kebijakan Publik dari Universitas Oxford pada tahun 2015.

Al Mazrui ditunjuk oleh Perdana Menteri Mohammed bin Rashid Al Maktoum sebagai Menteri Negara Urusan Pemuda pada Februari 2016 di usia 22 tahun. Itu membuatnya menjadi anggota termuda dari Kabinet UEA dan menteri termuda di dunia.

4.Syed Saddiq

Syed Saddiq adalah seorang politikus dan aktivis Malaysia. Dia adalah Menteri Pemuda dan Olahraga di kabinet Perdana Menteri Mahathir Mohamad. Pria 25 tahun ini juga menteri termuda sejak kemerdekaan Malaysia.

Syed Saddiq lahir pada 6 Desember 1992 di Pulai, Johor Bahru, Johor, Malaysia. Dia lulus dari Royal Military College (RMC), Sungai Besi dan memiliki gelar sarjana hukum dari International Islamic University Malaysia (IIUM). Menteri berwajah tampan itu kini tengah viral.

5. Yeo Bee Yin

Nama menteri Malaysia lainnya yang juga menjadi sorotan baru-baru ini adalah Yeo Bee Yin. Wanita cantik berusia 35 tahun itu ditunjuk sebagai Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup Malaysia.

Menteri wanita kelahiran 26 Mei 1983 juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pakatan Harapan Pemuda dan National Assistant Publicity Secretary Democratic Action Party (DAP).

Wanita paling muda dalam jajaran menteri kabinet PM Mahathir Mohamad itu mulai berkarier di dunia politik pada usia 29 tahun. Saat itu, dia untuk pertama kali bersaing dalam Pemilu ke-13. Yeo pun terpilih sebagai anggota parlemen di distrik Damansara Utama, negara bagian Selangor.

Yeo Bee Yin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya