Logo ABC

Dokter Koleksi Seribu Lebih Kain Nusantara Langka

Salah satu koleksi baju dan kain tradisional Indonesia milik Dr Jhon Yu yang sedang dipamerkan di Museum Tekstil Jakarta sampai Agustus mendatang.
Salah satu koleksi baju dan kain tradisional Indonesia milik Dr Jhon Yu yang sedang dipamerkan di Museum Tekstil Jakarta sampai Agustus mendatang.
Sumber :
  • abc

Jatuh cinta pada selembar kain Bali yang dibelinya di salah satu toko di Sydney telah mengawali kegemaran Dr Jhon Yu mengoleksi berbagai kain tradisional antik asal Indonesia selama 3 dekade terakhir.

Ia memiliki hampir seribu koleksi kain dari berbagai kawasan di Indonesia.

Dr Jhon Yu 84 tahun dan rekannya almarhum Dr. George Bryce Soutter adalah kolektor pribadi tekstil Indonesia yang paling berarti di Australia.

Keduanya mengoleksi lebih dari seribu lembar koleksi kain nusantara yang langka dari berbagai Kawasan di Indonesia, seperti Bali, Lombok, Jawad an Sumatera.

Beberapa diantara koleksi kainnya bahkan tergolong sangat langka dan ditaksir berusia ratusan tahun.

Sebanyak 62 buah koleksi kain tradisional langka berusia ratusan tahun milik Dr Jhon Yu dan almarhum Dr. George Bryce Soutter sedang dipamerkan di Museum Tekstil Jakarta yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Australia berjudul ‘Encounters With Bali: A Collector’s Journey".

Dalam sambutannya ketika membuka pameran itu di Museum Jakarta pada Selasa (10/7/2018) kemarin, Dr Jhon Yu mengatakan dirinya sangat bangga beberapa koleksinya dipamerkan di Jakarta.

“Selain merasa bangga, pameran ini juga merupakan wujud dari persahabatan yang kuat antara Australia dan negara tetangga pertamanya Indonesia."