Jika Terjadi Gempa, Ini yang Harus Dilakukan

Masyarakat menyelamatkan diri setelah gempa bumi 7 SR di Lombok NTB (5/8/2018)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melaporkan telah terjadi gempa dengan magnitude 7,0 Skala Richter (SR) yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa tersebut terjadi pada pukul 18.46.35. Gempa tersebut diikuti dengan sejumlah gempa susulan.  

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Dari beberapa gambar yang diterima awak media, akibat gempa tersebut beberapa bangunan di Lombok mengalami kerusakan. Tidak hanya itu saja, gempa di Lombok pun terasa hingga ke Bali. Masyarakat yang ada di Bali pun juga terlihat panik. 

Lalu jika terjadi bencana gempa apa yang harus Anda lakukan terutama ketika saat berada di dalam bangunan seperti rumah, sekolah ataupun bangunan bertingkat? Berikut ini beberapa saran yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dikuti VIVA dari laman Instagram resminya @bnpb_indonesia.

Gempa Baru Saja Guncang Lombok

1. Guncangan akan terasa beberapa saat. selama jangka waktu itu, upayakan keselamatan diri Anda dengan cara berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca. Lindungi kepala dengan bantal atau helm atau berdirilah di bawah pintu. Bila sudah terasa aman, segera lari ke luar rumah.

2. Jika sedang memasak, segera matikan kompor serta mencabut dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Gempa Bumi Mengguncang Lombok

3. Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng atau material lainnya. Tetap lindungi kepala dan segera menuju ke lapangan terbuka. Jangan berdiri di dekat tiang, pohon atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.

4. Jangan gunakan lift apabila sudah terasa guncangan. Gunakan tangga darurat untuk evakuasi ke luar bangunan. Apabila sudah di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan. 

5. Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya seperti radio atau gawai.

6. Apabila mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi seperti bukit dan bangunan tinggi.

Meski gempa telah usai, Anda pun tetap harus waspada terhadap gempa bumi susulan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. 

1. Ketika berada di dalam bangunan, evakuasi diri Anda setelah gempa bumi berhenti. Perhatikan reruntuhan maupun benda-benda yang membahayakan pada saat evakuasi.

2. Jika berada di dalam rumah, tetap berada di bawah meja yang kuat. Selain itu periksa keberadaan api dan potensi terjadinya bencana kebakaran.

3. Berdirilah di tempat terbuka jauh dari gedung dan instalasi listrik dan air. Apabila berada di luar bangunan dengan tebing di sekeliling, hindari daerah yang rawan longsor. 

4. Jika di dalam mobil, berhentilah. Tetapi terap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan atau rambu-rambu lalu lintas. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya