Serunya Perayaan HUT RI di Bukit Ramapanu Waingapu Sumba

Perayaan HUT RI di Bukit Ramapanu, Waingapu, oleh Anak-anak Sumba
Sumber :
  • VIVA/Jujuk Erna

VIVA – Republik Indonesia hari ini, Jumat 17 Agustus 2018, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73. Semua rakyat negeri ini merayakannya dengan melakukan upacara pengibaran bendera Pusaka dan berbagai lomba setelahnya.

Rich Brian dan NIKI Nyanyi Indonesia Raya di Festival Musik Amerika

Perayaan meriah tampak di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rapamanu yang berlokasi di bukit Rapamanu, Waingapu, Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sekolah dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut itu sudah ada sejak 1 Juli 2011 silam. Jaraknya sekitar 30 menit dari Kota Waingapu. 

Sekolah ini memilik pemandangan yang sangat indah, perbukitan hijau agak kecokelatan berpadu dengan langit biru dan awan putih. Bahkan beberapa kuda Sumba tampak berkeliaran di sana menambah keindahan alam di sekitar sekolah. 

Unggah Video HUT RI Kontroversial, Kepala Bekraf Minta Maaf

Ketika beberapa media bersama dengan KFC Indonesia dan Komunitas 1000 Guru tiba, sejumlah siswa dengan pakaian adat menyambut dengan tarian selamat datang Ningu Harama dan pengalungan selendang motif tenun Sumba. Sementara siswa lainnya mengenakan seragam putih merah lengkap dengan topi dan dasi. Sedangkan para guru perempuan memakai kebaya dan kain tenun sumba. 

Upacara pengibaran bendara dimulai sekitar pukul 08.08 WITA hingga pukul 08.35 WITA. Setelah itu, dilakukan perkenalan dengan para guru dari Komunitas 1000 Guru. Dilanjutkan dengan menyanyikan Topi Saya Bundar bersama-sama dengan iringan musik dari sound system.

Begini Cara BNI Kenali Sejarah Bangsa dengan Cara Kekinian 

Lima siswi dengan selendang tenun Sumba pun melakukan tarian Kandingang yang merupakan tarian selamat datang, menghibur tamu dan suka cita. Menyanyi lagu Potong Bebek Angsa dan Sajojo menjadi bagian berikutnya hingga ditutup dengan tarian Kandingang yang dilakukan oleh lima siswa. 

Sejumlah siswa dan sebanyak 26 orang guru dari Komunitas 100 Guru lalu membentuk beberapa barisan sesuai kelasnya sambil menyanyikan lagu Naik Kereta Api menuju kelas masing-masing. Setelah itu, para guru pun mengajar sambil bermain sekaligus memberikan makanan sehat kepada 70 siswa di sana. 

Dalam kesempatan ini, KFC melakukan penyerahan donasi share your bucket. Soal bantuan yang diberikan KFC Indonesia bekerja sama dengan Komunitas 1000 Guru, Kepala Sekolah SDN Rapamanu Adriana Maraledu mengatakan sangat berterima kasih karena mendapatkan dukungan untuk sekolahnya.  

Anak-anak Indonesia mengikuti upacara bendera.

Bantuan makanan sehat seperti susu, telur dan kacang hijau yang diberikan KFC bekerja sama dengan Komunitas 1000 Guru selama enam bulan dimulai sejak dua pekan lalu, diakui sangat membantu sekolahnya terutama siswa-siswanya. "Kami berterima kasih dan bersyukur karena mendapat bantuan. Kami berharap bisa membuat kondisi siswa dan belajar semakin baik," katanya. (ren)

Perayaan HUT RI di Bukit Ramapanu, Waingapu, oleh Anak-anak Sumba

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya