Lima Cara Ampuh Hilangkan Kusut di Baju Tanpa Setrika

Ilustrasi baju
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Mencuci bisa sangat mudah dan menyenangkan saat ini dengan keberadaan berbagai mesin cuci yang dijual di pasaran. Tapi, pekerjaan setelah pakaian kering itu yang seringkali membuat orang malas mengerjakan, yakni menyetrika pakaian.

Guru Ponpes di Parepare Tega Setrika Punggung Dua Santrinya hingga Melepuh

Itu karena tidak semua orang suka menyetrika. Namun semakin ditunda, tentu saja baju yang harus disetrika justru semakin banyak. Apalagi jika tak disimpan dengan benar, kusut pada pakaian justru semakin sulit dihilangkan.

Tapi jangan sedih dulu, karena ada kok tips mudah untuk menyetrika tanpa harus menggunakan alat setrika, seperti dilansir Pure Wow berikut ini.

Mudahkan Pekerjaan Emak-emak, 5 Alat Rumah Tangga Ini Wajib Dimiliki

1. Cairan penghilang kusut

Coba temukan di pasar swalayan deterjen yang bisa mengurangi kusut pada pakaian saat dicuci. Bahkan ada yang lebih mudah digunakan, yaitu dalam bentuk semprot. Cara penggunaan hanya perlu disemprot kemudian gantung hingga kering.

Wanita Setrika Anak Tiri, Diduga karena Kurang Jatah Bulanan

2. Gunakan alat catokan rambut

Pelurus rambut, bukan hanya berguna untuk meluruskan rambut keriting, tapi juga bisa menghilangkan kusut di bagian leher pakaian, atau kusut tipis di kemeja. Hanya perlu pastikan bagian yang akan dicatok dalam posisi tegak di lempengan alat catok dan perhatikan pengaturan suhu. Panas untuk katun, dan rendah untuk sutera.

3. Gunakan blow dry

Alat pengering rambut juga bisa digunakan untuk menyingkirkan kusut pada bagian pakaian dengan semburan udara panas yang terkonsentrasi. Hanya perlu memegang alat pengering rambut sejauh 5 centimeter dari pakaian untuk menghindarkan bahan terbakar.

4. Uap dari teko teh

Metode ini berlaku untuk kusut yang kecil. Rebus air, kemudian sebelum mulai menikmati secangkir teh, tahan bagian cerat teko supaya uap keluar dengan jarak 30 centimeter dari bagian pakaian yang kusut. Uap yang keluar akan menghaluskan bagian kusut tersebut.

5. Gulung seperti burito

Letakkan pakaian yang kusut di permukaan datar, haluskan bagian yang kusut, kemudian gulung dengan kencang seperti akan menggulung burito. Kemudian, letakkan pakaian di bawah kasur selama 15 hingga 30 menit dan pastikan itu menekan pakaian Anda. (ld)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya