Dibanding Honeymoon, Pengantin Milenial Lebih Pilih Buddymoon

Bulan madu Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara
Sumber :
  • Instagram Nadine Chandrawinata

VIVA – Jika generasi sebelumnya memilih untuk honeymoon atau bulan madu setelah menikah, kini generasi milenial di banyak negara justru mengganti honeymoon dengan buddymoon atau bulan madu mengajak sahabat dan keluarga.

Ada Kabar Baik Buat Milenial dan Gen Z yang Doyan Belanja dan Peduli Penampilan

Dalam sebuah jajak pendapat dari 2.000 orang dalam hubungan yang berusia 18-35 tahun, yang dilakukan oleh aplikasi pembayaran Pingit menunjukkan 47 persen telah atau mempertimbangkan untuk buddymoon. Lebih dari setengah atau 52 persen dari mereka yang disurvei mengaku lebih senang liburan dengan kelompok yang lebih besar, dibandingkan hanya dengan pasangan mereka. Ini menunjukkan liburan berdua mungkin sudah ketinggalan zaman.

Dikutip dari Independent, situs perencanaan pernikahan Hitched memperkirakan bahwa biaya rata-rata bulan madu sekitar Rp69,5 juta, sebuah angka yang dapat menjelaskan mengapa beberapa generasi milenial memilih untuk bepergian dengan kelompok mereka.

Survei Ungkap Ketahanan Finansial Milenial Indonesia Tertinggi Se Asia, Ada Tapinya

Satu dari enam dari mereka yang disurvei (17 persen) percaya bahwa mereka dapat menghemat uang dengan melakukan pemesanan kelompok. Sementara 14 persen merasa bahwa liburan berkelompok akan memberi mereka kesempatan untuk mengalami kegiatan yang lebih mahal, seperti menyewa perahu untuk hari itu.

Program Petani Milenial Kaltim Diluncurkan untuk Ketahanan Pangan IKN

"Hubungan positif telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik, kebahagiaan dan umur panjang, dan kegiatan kelompok dapat mengarah pada jenis kesenangan dan petualangan yang berbeda yang mungkin tidak kita dapatkan dari pasangan," kata ahli hubungan, Sam Owen.

Sam menjelaskan berada bersama dengan sebuah kelompok besar dengan orang yang dicintai adalah cara lain untuk mendapat keuntungan apa yang dia sebut dengan people power, yaitu dengan memanfaatkan kesehatan yang positif dan efek kesejahteraan interaksi antarmanusia.

Gaya hidup milenial dan Gen Z.

Milenial dan Gen Z Diajak Menerapkan Gaya Hidup Ini

Para milenial dan gen Z tidak hanya mendapatkan wawasan berharga tentang 'food waste', tapi diajak mempelajari serta menerapkan gaya hidup berkelanjutan.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024