Agar Siswa Fokus Belajar, SMA di China Singkirkan Bangku di Kantin

Kantin tanpa kursi di salah satu SMA di China
Sumber :
  • Shanghai.ist

VIVA – Ada-ada saja cara yang dilakukan salah satu sekolah di China. Keputusan mereka membuat terkejut para siswa yang mulai masuk usai libur panas.

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Ini terjadi di Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Shangqiu, Provinsi Henan, China. Semua siswa kaget lantaran hilangnya semua kursi di kantin secara misterius. Hal itu pun memaksa mereka harus makan dengan berdiri.

Tak disangka, ternyata kejadian itu dilakukan oleh pengurus sekolah sendiri, sebagai salah satu cara membuat siswa lebih sedikit menghabiskan waktunya untuk makan dan mengobrol. Ini dilakukan supaya siswa lebih banyak waktu untuk fokus belajar.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Dilansir dari laman Shanghaiist, dalam sebuah laporan Pear Video, salah satu pegawai sekolah mengatakan bahwa mereka berencana menetapkan kantin tanpa kursi. Tujuannya untuk menyingkat waktu yang dibutuhkan siswa berada di kantin.

"Secara umum, harusnya butuh waktu sekitar 10 menit untuk makan," kata pegawai sekolah itu.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Namun, para siswa berspekulasi bahwa ide ini pasti muncul dari Hengshui, grup sekolah yang terkenal sebagai sekolah paling ketat di China, yang menggunakan disiplin gaya militer dan membuat serangkaian pelarangan.

Tahun lalu, dua mobil tank ditempatkan di luar pintu masuk di salah satu sekolah di Provinsi Hebei, tujuannya agar siswa termotivasi untuk belajar lebih giat. Tapi, seorang siswa di salah satu sekolah Hengshui pernah mengatakan, mereka punya bangku di kantin mereka. (ase)

Minister of Home Affairs Retno Marsudi (ANTARA/Yashinta Difa)

Situasi di Timur Tengah Memanas, RI dan China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi bersama dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi menekankan bahwa Indonesia dan China sepakat mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024