Aplikasi Belajar Online Menjamur, Kemendikbud: Itu Sangat Bagus

Anak-anak melihat gadget.
Sumber :
  • REUTERS/Dondi Tawatao

VIVA – Kecanggihan teknologi, memudahkan banyak orang mendapatkan pendidikan. Bukan hanya di sekolah, kini belajar bisa dilakukan di mana saja dengan menggunakan gadget.
 
Dengan semakin berkembangnya teknologi, makin banyak pula variasi dan saluran untuk belajar. Termasuk melalui internet ataupun aplikasi yang menyediakan fitur untuk edukasi. Hal tersebut dinilai banyak pihak lebih membantu memudahkan proses pembelajaran.

Viral Penumpang 'Nebeng' Listrik Buat Catok Rambut hingga Masak Nasi di Kereta, KAI Buka Suara

Salah satu komentar yang mendukung datang dari Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Harris Iskandar. Menurutnya kemajuan teknologi dalam hal pendidikan merupakan suatu langkah yang bagus dan harus diapresiasi.

"Seperti di program kesetaraan kami. Itu sangat bagus untuk pendidikan orang dewasa. Kursus kita bikin daring (dalam jaringan), kemudian ada apliksi dan platfrom yang sangat bagus menawarkan itu," ungkap Harris saat ditemui di kantornya, Selasa 4 September 2018.

Didikan Keras Sang Ayah, Cristiano Ronaldo Jr Dilarang Punya Ponsel Sendiri

Menurutnya dengan makin banyaknya aplikasi atau platform digital untuk pendidikan, juga bisa semakin memperluas jangkauan persebaran pendidikan. Bahkan ia mempredikasi bahwa ke depan fitur edukasi secara digital akan menjadi tren.

"Sekarang memang sedang eranya e-commerce, setelah itu settle baru nanti gilirannya e-education atau e-training. Prediksi saya tidak akan lama lagi, satu-dua tahun e-education itu akan sangat mewabah," kata dia.

Ganjar Ungkap Strategi Industri Teknologi di Indonesia agar Bisa Berkembang

Sebelumnya ia juga menyampaikan, bahwa penggunaan gadget, terutama untuk bermain game pada anak sendiri harus dibatasi. Ia menyarankan agar penggunaan gadget harus ke arah yang lebih produktif seperti mencari referensi untuk tugas, ataupun membantu proses pembelajaran.

THR Blibli

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli turut serta dalam menyemarakkan bulan Ramadan dengan adanya program Tiap Hari Rayain (THR) Ramadan Bersama Blibli.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024