Pakaian Berteknologi Tinggi, Cegah Bau hingga Antibakteri

Fashion Show Cotton USA
Sumber :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

VIVA – Teknologi terus menerus berkembang tanpa henti dan diaplikasikan pada banyak hal. Salah satu yang unik dan berbeda yaitu teknologi tinggi yang diaplikasikan pada kapas AS dan menghasilkan pakaian super.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Dipaparkan Director of South East Asia, CCI, William Bettendorf, teknologi baru pada Cotton USA atau katun AS tersebut dinamakan kendaraan terbang tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle atau UAV).

Teknologi canggih itu memiliki berbagai keuntungan seperti mudah mengetahui secara pasti bahan yang diperlukan, dan dapat menggunakan sedikit takaran air atau produk perlindungan tanaman dengan tepat serta sensor kelembapan dengan kendali komputer dapat meningkatkan efisiensi air.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Berikut enam pakaian canggih yang digunakan dari Cotton USA tersebut berdasarkan paparan William Bettendorf, di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 12 September 2018.

Cotton USA

Wow, IKN Bakal Ada Mobil Terbang hingga Tiang Listrik yang Bisa Jawab

1. Cegah bau

Teknologi revolusioner  DRY PROTECT dari Proneem menghilangkan bau keringat. Pakaian berbahan kapas dengan teknologi baru ini membuat konsumen merasa segar sepanjang hari karena mencegah bau dan menyerap keringat.

Talc dan batu tawas adalah 100 persen mineral alami yang ditambahkan ke dalam formula DRY PROTECT dari Proneem untuk memberikan kenyamanan alami. Batu tawas membantu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bau keringat dan melawan keringat, sementara talc menyerap keringat.

2. Antibakteri

Teknologi unik dengan biaya yang rendah ini berbasis ekstrak tumbuhan yang terbarukan dan berkelanjutan. Adalah Life Natural yang dikembangkan setelah riset selama bertahun-tahun. Kemampuan antibakterinya lolos ISO20743/JIS 1902/M100. Harganya bahkan lebih rendah dibandingkan bahan antimikroba dari perak atau silane-quat.

3. Bahan kimia aman

ZERO-D adalah solusi cetak tekstil “Dry Dye”, sehingga tidak menghasilkan limbah air yang tercemar. Teknologi Reactive Pigment tersebut sangat berbeda dengan teknik-teknik pewarnaan kapas tradisional yang menggunakan air dalam jumlah masif dan menghasilkan limbah air yang sangat tercemar.

Tidak ada zat pelarut, tidak ada zat organik yang mudah menguap, dan berbasis air. ZERO-D menggunakan kimia inovatif terbaru yang bersih dan aman, tidak lagi membutuhkan proses penguapan dan pencucian yang menjadi sumber polusi air dalam pewarnaan kapas tradisional.

4. Dapat Dilacak

Label molekuler SigNature T dari Applied DNS merupakan sebuah aplikasi permanen dan aman yang diaplikasikan ke serat kapas saat berada di mesin ginning. Label molekuler yang dibuat khusus ini memungkinkan pelacakan hingga ke level serat kain di seluruh rantai suplai dan proses distribusi. Produk-produk kaya serat kapas yang menggunakan label molekuler SigNature T dapat dilacak sampai ke ladang pertanian tempat kapas ditanam.

5. Menggunakan udara

Handuk dan produk-produk tekstil lainnya yang dibuat dengan SolucellAir tampak tebal dan besar, tetapi ringan dan terasa sangat lembut. Produk-produk tersebut sangat mudah menyerap, namun juga cepat kering.

Teknologi yang dipatenkan tersebut menggunakan udara untuk menciptakan saluran berongga di dalam benang kapas. Jadi, produk-produk SolucellAir murni kapas AS yang alami tanpa tambahan bahan-bahan kimia. Konsumen Anda menginginkan produk-produk dengan jejak karbon yang rendah dan Solucell dipadukan dengan kapas AS, memberikan solusi yang hebat.

6. Daur ulang tenaga

Kain Celliant yang kaya serat kapas menggunakan campuran alami dari mineral-mineral yang dimasukkan ke dalam benang yang didesain untuk mendaur ulang energi tubuh, sehingga meningkatkan kenyamanan dan juga membuat tidur lebih nyenyak. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya