Tak Punya Listrik di Rumah, Larut Malam Siswa ini Bikin PR di Sekolah

Jeric Reyes membuat PR dalam ruang kelasnya di malam hari.
Sumber :
  • dok. nextshark.com

VIVA – Seorang siswa Filipina dari provinsi Quezon baru - baru ini membuat haru para warganet. Pasalnya sang siswa memiliki tekad luar biasa, yang ditunjukkan dalam foto yang belakangan menjadi viral.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Dalam gambar yang diambil oleh gurunya Mark Pee Ortil Pornasdoro, siswa kelas 11, Jeric Reyes sedang mengerjakan pekerjaan rumah di dalam kelas di Sekolah Tinggi Malusak Nasional di Atimonan, Quezon jauh di luar jam sekolah.

Menurut Pornasdoro, dia menemukan Reyes sekitar jam 7:30 malam di dalam kelasnya selama inspeksi saat mempersiapkan topan yang akan datang. Dia menemukan Reyes sendiri saat sedang mengerjakan pekerjaan rumahnya. Murid itu rupanya memilih untuk melakukan tugasnya di sekolah karena dia tidak memiliki listrik di rumahnya.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Sang guru sempat menyatakan kekhawatirannya tentang Reyes yang belum makan malam, padahal waktu makan malam sudah lewat. Namun, bocah itu tetap bertahan dan meyakinkan gurunya bahwa dia akan tetap mengerjakan beberapa soal yang tersisa.

“Dia juga mengatakan bahwa dia akan makan nanti. Seakan Reyes sudah terbiasa dengan rasa lapar. Seolah-olah dia harus terbiasa dengan penderitaan," tulis Pornasdoro.

Bingung Cari Sekolah Terbaik? Wujudkan Masa Depan Cerah Buah Hati di Kinderfield - Highfield School

Gurunya mengatakan, bahwa tempat tinggal Reyes di Barangay (Desa) Malusak Filipina tidak memiliki aliran listrik. Orang hanya menggunakan lampu gas untuk penerangan.  

Pornasdoro lebih lanjut mencatat bahwa siswa seperti Reyes membuatnya sangat puas dengan profesinya sebagai guru yang selalu menantang. Reyes segera menyelesaikan tugasnya dan meninggalkan ruang kelas sebelum jam 8 malam.

“(Ini) membuatku menangis, tapi jiwaku tersenyum. Ada harapan,” tulis sang guru di akhir posting Facebooknya. Postingannya tersebut telah menerima lebih dari 180.000 reaksi, dibagikan hingga 37.000, serta ratusan komentar.

Beberapa warganet juga merespons hal itu dan mengungkapkan rasa harunya. Banyak juga yang mendoakan semoga anak itu sukses di masa depan.

“Saya berharap dia (Reyes) mengatasi semua kesulitan yang dia hadapi dan dia dapat terus membuat keputusan yang tepat dalam hidup. Saya salut pada anak ini," kata dia.

Dalam posting berikutnya, Pornasdoro mengunggah foto Reyes yang sedang membaca kata-kata motivasi dari warganet untuk dirinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya