Pentingnya Olahraga Singkat Saat Bekerja Demi Otak Tetap Sehat

Ilustrasi karyawan bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jam kerja yang panjang, dengan otak yang terus bekerja akan membuat seseorang kehilangan konsentrasi dan efisiensi. Jika terus berulang dalam jangka panjang memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan dan psikologi pekerja.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Soal hal itu, Jepang yang dikenal sangat gila kerja melakukan sebuah penelitian. Dalam penelitian terbarunya disebutkan cara yang baik membuat otak tetap sehat dengan memperbaiki kemampuan berpikir di tempat kerja, ternyata cukup melakukan olahraga singkat yang tidak membutuhkan banyak konsentrasi.

Dikutip dari Indian Express, dalam melakukan penelitian ini, para ilmuwan mengumpulkann 28 pria dan meminta mereka melakukan tugas menantang yang disebut 'memori kerja'. Ini memungkinkan orang untuk menyimpan dan memperbarui informasi di otak mereka tentang hal-hal yang mereka kerjakan seperti sasaran, tenggat waktu, dan lainnya.

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Mereka melakukan tantangan memori kerja sebelum, saat, dan 30 menit setelah tiga periode pengujian yang berbeda pada tiga hari berbeda. Periode pengujian diberikan dalam urutan acak dan masing-masing berlangsung selama 25 menit.

Dari periode pengujian itu, sebagian hanya berolahraga dengan menggunakan sepeda statis. Sementara lainnya melakukan tugas kognitif sambil duduk di sepeda, tetapi mereka tidak berolahraga. Dan sisanya melakukan keduanya pada saat yang sama, berolahraga dengan sepeda dan melakukan tugas kognitif.

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Hasilnya menunjukkan bahwa olahraga memiliki efek menguntungkan pada kemampuan orang untuk merencanakan, memperhatikan, dan menyelesaikan tugas. Efek positif dari intervensi olahraga akan terlihat 30 menit setelah bersepeda.

Pemimpin Redaksi tvOnenews.com, Ecep Suwardaniyasa Muslimin

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon

Pemimpin Redaksi (pemred) tvOnenews.com, Ecep Suwardaniyasa Muslimin menjadi jurnalis Indonesia pertama yang raih Six Star Marathon usai menyelesaikan rangkaian.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024