Paduan Suara Indonesia Kembali Berprestasi di Italia

Kelompok Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir
Sumber :
  • Dokumentasi KBRI Roma

VIVA – Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir dari Manado dan Karangturi Choir dari Semarang memperoleh prestasi membanggakan dalam The Rimini International Choral Competition 2018 yang diselenggarakan pada 20-23 September 2018 di Rimini, Italia.

Video Viral Paduan Suara di Istiqlal, Begini Penjelasan Wagub DKI

Kedua paduan suara wakil Indonesia tersebut berhasil masuk ke babak Grand Prix bertanding dengan enam tim lainnya dari berbagai negara pada Minggu 23 September 2018 malam waktu Italia.  
Membawakan nomor seperti 'Ad Amore', 'Duo Seraphim', 'Danny Boy' dan 'Cikala Le Pong Pong', Gema Sangkakala Female Choir yang dipandu konduktor Roland David Enoch ditetapkan juri sebagai Pemenang Kategori Equal Voices Choir Gold.

Selain itu, mereka juga berhasil meraih Gold Diploma untuk nomor Sacred Music. Sementara itu, Karangturi Choir dengan konduktor Petrus Wahyu juga mencatat prestasi dengan perolehan Gold Diploma kategori Children and Youth Choirs serta Silver Diploma pada nomor Folk, Gospel and Spiritual. Lagu-lagu seperti, 'Karaben Sapi, 'Gundul-gundul Pacul' dan 'Yamko Rambe Yamko' dibawakan dengan menarik lengkap dengan kostum khas yang diadaptasi dari busana daerah nusantara.

Keren, Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tampil Virtual di HUT RI

Kelompok Paduan Suara Karangturi
 
Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi kedua Paduan Suara tersebut.

“Prestasi dalam berbagai kompetisi internasional seperti ini juga menjadi diplomasi seni budaya yang dapat semakin mempererat interaksi masyarakat setempat dengan Indonesia,” ujar Duta Besar Esti Andayani.  

Aksi Siswa Sekolah Intelijen Warnai Sidang Tahunan MPR

Kompetisi The Rimini International Choral Competition ini merupakan salah satu ajang paduan suara bergengsi dengan skala internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini, selain Gema Sangkakala Female Choir dan Karangturi Choir dari Indonesia, peserta berasal dari Perancis, Polandia, Romania, Italia, Denmark, Slovenia serta Republik Ceko.

Ilustrasi Musik

Paduan Suara Gerejawi Digelar di DIY, Disiplin Prokes Ketat Diterapkan

Tahun 2019, Daerah Istimewa Yogyakarta ditunjuk sebagai tuan rumah event nasional 3 tahunan, Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2022