Upaya Buat Kerajinan Indonesia Bersaing di Kancah Global

Mufidah Jusuf Kalla, Iriana Joko Widodo di Pameran Kriyanusa 2018
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Istri Wakil Presiden RI Yusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla membuka Pameran Kriyanusa 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Acara bertema Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenial, yang dihelat oleh Dewan Kerajinan Nasional dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-38 ini berlangsung mulai 26-30 September 2018.

Menarik Perhatian Iriana Jokowi, Intip Koleksi Karya KBKM di Inacraft 2024

Dalam sambutannya, Mufidah mengatakan bahwa industri kreatif di Tanah Air berkembang dengan pesat baik dalam skala kecil, menengah hingga mikro.

"Industri ini strategis dalam ekonomi nasional, karena secara historis sangat lekat dengan keseharian rakyat Indonesia. Hal ini bisa menjadi andalan, terutama dengan pemanfaatan SDA setempat dan pengembangan kreatif lokal," ucap Mufidah di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 26 September 2018.

Berdayakan Kelompok Perempuan, Klaster Usaha Binaan BRI ini Sulap Batok Kelapa Jadi Kerajinan Tangan

Ketua Umum Dekranas itu menuturkan, bangsa Indonesia harus bangga dan tetap mendukung karya kreatif yang ditampilkan dalam pameran-pameran kebudayaan. Menurutnya, Indonesia kaya akan seni dan budaya, sehingga ia berharap hal itu bisa menjadi inspirasi bagi perkembangan produk kerajinan di Tanah Air.

"Ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama, kita harus menjaga, menggali, dan mengembangkan, sekaligus memperkaya kreativitas produk kerajinan nasional yang bersumber dari seni dan budaya," katanya.

Bea Cukai Lepas Ekspor Perdana Kerajinan Tangan Asal Tasikmalaya ke Belanda

Selain itu, dia meminta generasi milenial harus mampu berkembang dan mengembangkan unsur kreativitas dari teknologi. Hal ini, agar generasi bangsa dapat bersaing di kancah internasional dan menjaga daya saing produk Indonesia.

"Agar menghadirkan nuansa warisan budaya akan harmoni kekinian, sehingga produk kerajinan Indonesia jadi produk yang diminati dan memiliki daya saing tinggi hingga pasar global," tuturnya.

Sementara itu, acara ini juga dihadiri istri Presiden Joko Widodo, Iriana Joko Widodo serta istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis, dan istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami, Atalia Praratya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya