Naranesia: Konser Paduan Suara tentang Rona dan Rasa Indonesia

Konser Naranesia Paduan Suara Mahasiswa Unpad
Sumber :
  • Official Paduan Suara Mahasiswa Unpad

VIVA – Alumni Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) kembali menggelar Konser ke-4 dengan tema  'Naranesia: Sebuah Konser tentang Rona dan Rasa Indonesia'. 

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Konser yang rutin diselenggarakan setiap dua tahun ini, mengambil tema besar tentang kecintaan pada negeri. Dalam konser ini, PSM Unpad bermaksud berbagi cerita mengenai Indonesia melalui lagu. 

Mengenang perjalanan panjang begitu berwarna (Rona) yang telah dilalui bangsa ini sejak zaman kerajaan dahulu, hingga masa-masa perjuangan melepaskan diri dari kaum penjajahan dan akhirnya mencapai kemerdekaan. Kecintaan pada negeri pun dimunculkan dari sisi lainnya, yaitu dari keanekaragaman makanan khasnya (Rasa).  

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

“Kita yang sekarang merasakan berkah dari kemerdekaan harus selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berterima kasih kepada para pahlawan yang gugur untuk mencapai kemerdekaan itu," ujar Nita Yulia Anggraeni Ketua Panitia Naranesia, dikutip dari rilis yang diterima VIVA, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Konser Naranesia Paduan Suara Mahasiswa Unpad

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Lebih lanjut Nita mengatakan bahwa saat ini, rasa syukur dan terima kasih atas hal itu diwujudkannya dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Tentang perjuangan, tentang pengorbanan, tentang persatuan, tentang keberagaman, termasuk juga tentang keanekaragaman makanan khas Indonesia

"Kami suguhkan lewat untaian lagu dan nada," ucapnya. 

Proses kreatif berlangsung lebih dari 12 bulan untuk dapat menyajikan 18 lagu ini menjadikan Konser Naranesia menjadi sebuah konser yang berbeda. 

"Hal yang sangat membanggakan dari penyelenggaraan konser kali ini adalah berhimpunnya 48 penyanyi dengan rentang generasi 31 tahun, dari Unpad Angkatan 1982 hingga Angkatan 2013 dan kami berlatih bersama di dua kota yaitu Bandung dan Jakarta sejak Oktober 2017. Konser ini adalah sebuah kerja sama yang memerlukan komitmen tinggi," ujar nita yang merupakan FH Unpad Angkatan 88.

Sementara itu Kondakter, Karisman Ferdinandus (Fapet 2009) mengungkapkan tingkat kesulitan selama menjalankan latihan.

“Tantangan terbesar selain menyatukan waktu latihan, adalah bagaimana berbagai angkatan ini dapat bernyanyi bersama dengan baik. Mengingat setiap generasi memiliki teknik yang berbeda sesuai dengan zamannya masing-masing," ujarnya.

Namun dengan latihan yang serius hal itu mudah dilaluinya "Kami dapat mengatasi tantangan tersebut, terutama karena pada dasarnya kita memiliki kesamaan, yaitu menyanyi dengan hati.”

PSM Unpad yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-40 ini memang memiliki tempat tersendiri pada dunia paduan suara mahasiswa di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1978, prestasi demi prestasi seakan tidak pernah surut diraih, baik dalam Festival Dalam Negeri (Lomba Paduan Suara Antar Perguruan Tinggi) hingga Kompetisi Luar Negeri. 

Melalui Konser Naranesia, Alumni PSM Unpad berusaha menunjukkan kemampuan yang dimiliki baik secara teknik bernyanyi maupun kreativitas menyajikan suatu pertunjukan yang menarik untuk ditonton semua kalangan termasuk semua penikmat seni.

Konser ini akan berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2018 bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata-Unpad Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung, pukul 18.30 dengan Kondakter Karisman Ferdinandus.

“Kami menjual tiket dengan harga yang terjangkau, karena kami ingin menjadikan Konser Naranesia ini menjadi konser yang dapat dinikmati baik oleh pegiat Paduan Suara maupun kalangan umum,” ujar Nita.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya