Lihat Potensi Kreatif, E-Commers Ini Dukung Wirausaha Muda Yogyakarta

Shopee mini talkshow Kreasi Nusantara: Karya Muda Yogyakarta
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa W

VIVA – Bisnis online adalah hal yang umum, apalagi bagi generasi millenial. Belakangan generasi muda memang memegang peran penting dalam membangun ekonomi digital. 

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Peran e-commerce dalam memajukan industri kreatif tentu sangat dibutuhkan, salah satunya Shoppe. E-commers yang cukup eksis sejak 2015 ini membuka wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi kreatifnya lewat kampanye bertajuk 'Kreasi Nusantara: Koleksi Karya Anak Muda'.

Kampanye yang dilakukan dalam rangka merayakan Hari Sumpah Pemuda ini berlangsung Shopee tanggal 23-30 Oktober 2018. 

Head of Government Relation Shopee Indonesia Radityo Triatmojo, menyebut bahwa tiap daerah di Indonesia memiliki potensi budaya kreatif untuk berkembang, salah satunya Yogyakarta.

Shopee mini talkshow Kreasi Nusantara: Karya Muda Yogyakarta

Diikuti Persija dan PSM, ASEAN Club Championship Mulai Bergulir 17 Juli 2024

"Yogyakarta kota yang istimewa anak mudanya selalu punya kreatifitas unik dan baru. Selain diusung sebagai kota kreatif oleh UNESCO,  banyak anak muda yang aktif berperan memajukan industri kreatif. Di sisi lain ada peningkatan order hampir 3 kali lipat dibanding tahun lalu," ujarnya kepada VIVA saat mini talkshow bertajuk 'Kreasi Nusantara:  Karya Muda Yogyakarta di Sinergi Co-Working Space di Yogyakarta Sabtu 27 Oktober 2018.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini Shopee ingin berikan exposure lebih kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka lewat ranah digital. 

Rajut Lynelle, salah satu produk karya anak muda Yogya.

"Banyak anak muda yang punya karya, tapi enggak tau mau menyalurkannya ke mana. Kami menyediakan wadah, dan menghilite produk mereka," ujarnya.

Berdasarkan data Shopee lebih dari 100 juta pengunjung perbulan didominasi pembeli muda. Fotografi, fesyen dan kecantikan adalah 3 item yang paling dicari.

"Kami tidak hanya fokus pada penjual muda saja, tapi produk yang dijual juga untuk anak muda."

Pada acara yang sama Shoppe menampilkan 5 brand lokal sukses asal  Yogyakarta antara lain Amazara, JM Decor, Vhijab, Lynelle Rajut dan Fosasieshop.

"Di Shopee sekitar 60 persen penjual merupakan anak muda usia 25-30 tahun. Selain ingin memberikan eksposure, hal ini diharapkan dapat membantu ekonomi di Kabupaten dan Kota sekitar Yogya," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya