4 Langkah Wajib Dilakukan Saat Alami Situasi Darurat di Pesawat

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat berpergian, apa pun moda transportasi yang dipilih, hal buruk yang tak diinginkan bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, untuk berjaga-jaga, ada baiknya Anda mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan.

Lion Air Buka Suara soal 2 Pegawainya Ditangkap Kasus Penyelundupan Narkoba

Dikutip dari The Flight Expert, dalam banyak kasus kecelakaan pesawat, penumpang umumnya akan tahu jika bakal terjadi kecelakaan, karena kru kabin akan memberi instruksi. Untuk itu, perhatikan dan ikuti instruksi yang diberikan.

Selain mengikuti arahan kru kabin, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan jika pesawat yang Anda tumpangi mengalami kecelakaan:

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

1. Pakai pelampung

Jika pesawat akan mendarat di atas air, gunakan pelampung. Tapi harus diingat, jangan kembangkan pelampung saat Anda masih berada di dalam pesawat. Pelampung yang mengembang akan menyulitkan pergerakan Anda saat proses evakuasi. Saat pesawat sudah mendarat di atas air, tahan napas lalu keluar dari pesawat baru kemudian kembangkan pelampung.

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Karyawan Viral hingga Sosok Pimpinan Jemaah Aolia

Jaket pelampung

2. Siapkan ruang

Kencangkan berbagai barang yang longgar. Ikat tali sepatu dengan kencang dan kancingkan jaket. Jika memungkinkan, tempatkan bantal, selimut, atau benda lembut lainnya di kepala, juga bagian tulang kaki dan pergelangan kaki.

3. Siap untuk benturan

Ketahui posisi yang benar untuk mempersiapkan diri saat terjadi benturan. Jika dilakukan dengan tepat, posisi siap untuk benturan bisa mengurangi risiko cedera di bagian kepala, leher dan kaki, serta melindungi diri dari obyek yang terbang.

Caranya, tempatkan kaki Anda dalam posisi rata atau menapak di lantai. Usahakan mencapai kursi di depan Anda. Tempatkan kedua tangan, mulai dari telapak hingga siku pada bagian atas kursi depan. Kaitkan jari-jari kedua telapak tangan, lalu tempelkan dahi di atas punggung tangan.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa meletakkan kepala di bagian belakang kursi depan. Kaitkan jari-jari Anda di belakang kepala dan tahan sisi kepala dengan kedua lengan. Namun jika Anda tidak dapat mencapai kursi depan, membungkuk lah ke depan dengan dada menyentuh paha, lalu peluk kaki dengan kedua tangan. Anda juga bisa mengaitkan jari dan meletakkannya di belakang kepala, lalu tahan sisi kepala dengan lengan.

Lakukan sikap ini hingga pesawat terhenti. Sebab, setelah kecelakaan awal, mungkin ada dampak tambahan pada pesawat.

Baca juga:

7 Cara Mengurangi Risiko Terparah Saat Kecelakaan Pesawat

4. Pakai masker oksigen

Pakai masker oksigen segera setelah masker itu keluar. Ketika tekanan dalam kabin menurun, penumpang punya waktu sekitar 15 hingga 20 detik untuk meletakkan masker oksigen sebelum menjadi tak sadarkan diri. Segera pakai untuk Anda, sebelum membantu anak-anak atau orang lain. Anda tidak bisa membantu orang lain jika Anda sendiri tidak sadar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya