Begini Cara Supaya Tidak Ketipu Beli Emas Palsu

Perhiasan emas murni di salah satu pusat penjualan emas Kota Meulaboh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA – Emas merupakan logam mulia dengan nilai yang tinggi, baik dari sisi estetika maupun harga. Karena itu, banyak orang yang membelinya sebagai perhiasan atau investasi.

Bukan Foya-Foya, Kartika Putri Ngaku Tas Branded Adalah Hadiah dari Habib Usman

Namun, tak semua emas yang beredar asli. Untuk itu, Anda haru berhati-hati membeli emas dalam bentuk perhiasan atau emas batangan supaya tak merugi.

Soal cara membedakan emas asli dan palsu, Miranda selaku Brand Manager Tiffany & Co membeberkan cara untuk mengetahui dan menghindarinya.

Harga Emas Hari Ini 23 April 2024: Produk Antam Amblas, Global Bervariasi

"Belilah perhiasan emas di tempat yang sudah terjamin keasliannya. Jika beli di toko perhiasan ternama, trademark nama perhiasan tertulis jelas di bagian dalam perhiasan Anda," kata Tiffany, saat berbincang dengan VIVA di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin 29 Oktober 2018.

Jika dilihat dengan mata, perhiasan emas palsu dan asli memang sulit dibedakan. Untuk itu, Miranda menyarankan agar lebih teliti sebelum membeli.

Mantan Anak Buah Sebut SYL juga Pakai uang di Kementan untuk Kondangan dan Beri Kado Emas

"Secara awam, pasti sulit sekali membedakan palsu atau aslinya ya," ujar dia.

Simpelnya, dia menyarankan, saat membeli perhiasan emas, cobalah gosok dan lihat warnanya, apakah berubah atau tidak. Jika warnanya pudar, bisa dipastikan itu emas palsu.

Selain itu, perhatikan harga jual emas. Bila harganya lebih murah dari harga pasaran, itu patut dipertanyakan. Dan, pastikan Anda menerima bukti resmi saat membeli perhiasan emas.

"Kalau mau lebih jelas lagi, bawa langsung perhiasan Anda ke toko perhiasan, pasti mereka ada cara mengetesnya sendiri. Seperti diamond ada alat tes khusus diamond," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya