Milenial, Mulailah Menabung untuk Rumah Masa Depan

Jas pengantin pria
Sumber :
  • Pixabay/Unplash

VIVA – Banyak yang memprediksikan jika generasi milenial akan menjadi generasi yang tidak bisa memiliki rumah di tahun 2020. Sebabnya, para milenial dianggap belum mampu mengelola keuangan dengan baik dan masih belum memikirkan perencanaan keuangan masa depan.

Lisa BLACKPINK Beli Rumah Baru di Beverly Hills Seharga Puluhan Miliar

Padahal seharusnya uang sudah dibicarakan sejak dini. Head of Customer and Marketing Permata Bank Ivy Widjaja mengatakan, pengaturan keuangan nomor satu bagi milenial di usia berapapun adalah jangan sampai penghasilan dihabiskan.

"Berapa pun penghasilannya, harus ada sisa untuk menabung," kata Ivy kepada VIVA saat ditemui di Teater Salihara Pasar Minggu, Jakarta, belum lama ini.

Geger, Ratusan Kulit Ular Menggantung di Langit-langit Rumah Baru

Jika mereka sudah bisa menyisihkan uangnya, selanjutnya generasi milenial harus mulai memikirkan tempat tinggal mereka di masa depan. Ivy menyarankan, agar mereka mulai mengambil KPR atau cicilan rumah.

"Kadang mereka lupa bahwa mereka belum punya rumah. Jadi sisa pendapatan lebih bagus untuk beli rumah daripada untuk jalan-jalan terus," imbuh Ivy.

Respons Verrell Bramasta Ditanya Harga Rumah Barunya, Capai Puluhan Miliar?

Namun, bukan berarti kebiasaan jalan-jalan dihilangkan sama sekali. Hanya saja, milenial harus bisa berpikir kembali seberapa perlu kebutuhan untuk jalan-jalan itu demi mendapatkan rumah masa depan.

Ivy menyarankan, sebaiknya pertimbangan untuk mengambil KPR bisa dimulai setelah beberapa tahun bekerja. Pada tahun-tahun pertama, biasa milenial belum mendapatkan gaji cukup untuk mencicil rumah.

"Kalau sudah menjadi kebiasaan, lama kelamaan bisa menabung lebih banyak lagi," ujar Ivy.(tp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya