Animator The Avengers Kumpul di Tangerang

Para animator di Workshop Indonesian CG Heroes
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Sejumlah animator dalam film animasi populer, seperti The Avengers hingga War for The Planet of the Apes berkumpul di Auditorium Green Office Park 9, Sinarmas Land, BSD, Tangerang. Mereka kumpul untuk menyampaikan materi dan pengalaman sukses di dunia perfilman animasi internasional.

Animator Indonesia Griselda Sastrawinata-Lemay Berbagi Tips Kerja di Disney

Dalam kegiatan yang diikuti pelajar dan mahasiswa dalam bidang industri animasi ini juga dihadiri oleh pihak pemerintah dan swasta yang bertujuan untuk memajukan industri animasi di Tanah Air. Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, peluang industri animasi di Indonesia tengah berkembang pesat, namun belum mencapai potensi maksimalnya.

"Sehingga masih terbuka ruang untuk berkembang lebih besar lagi dan memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Di sini, kami coba fasilitasi dengan workshop bersama para animator ternama," katanya dalam Workshop Indonesian CG Heroes, Minggu, 11 November 2018.

Animator Indonesia Griselda Sastrawinata Desain Kostum Film “Wish” Disney

Sementara Senior animator di film The Avangers: Infinity War, Ronny Gani berbagi cerita hingga karyanya di film populer itu laku di pasar global. Menurutnya, menjadi animator ini harus gigih dan yakin, tidak semudah membalikkan telapak tangan dan perlu proses yang cukup panjang.

"Saya memutuskan untuk menekuni bidang ini secara otodidak karena kuliah saya jurusan arsitektur. Prosesnya ini panjang tapi kalau berusaha tentu bisa, tidak menutup kemungkinan dunia animasi untuk para animator Indonesia," tuturnya.

Animator Muda Indonesia Diskusi One Health Lawan Penyakit Masa Depan

Dia mengaku butuh waktu hingga lima tahun sampai bisa terlibat di film box office Hollywood. Dia sendiri mengatakan bahwa Indonesia sangat berpeluang untuk memiliki lebih banyak animator terbaik.

"Prosesnya memang tidak mudah dan panjang, tapi kita harus bertahan dan mengembangkan diri untuk itu," ujar dia.

Selain Ronny, ada juga senior animator film Ready Player One, Rini Sugianto dan lead animator Games Assasins Creed, Danield Tjondroporo. Ada juga CG artist di film Iron Man, Andre Surya dan CG Compositor film War For The Planet of the Apes, Denny Ertanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya