Ternyata Ini Kunci Sukses Jadi Pengusaha Muda

Ilustrasi pengusaha.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA – Kaum milenial merupakan kelompok yang saat ini paling produktif. Namun, produktif saja tak cukup untuk bisa sukses dan membangun usaha sendiri di usia 20-an.

Bidik Pengusaha Muda, BTN Luncurkan Internet Banking Business

Jalan yang diambil pun harus tepat agar tak salah langkah. Tetapi, hal tersebut bukan hal yang tak mungkin untuk diraih.

"Daripada pusing mikirin passion kita apa, coba saja fokus jalani pekerjaan yang sedang kita lakukan saat ini. Kunci utamanya adalah eksplorasi," ujar Co-Founder HeyStartic! Vania Santoso di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis, 15 November 2018.

Hipmi Harap Prabowo-Gibran Berkolaborasi dengan Pengusaha Muda Dalam Pembangunan

Dia menambahkan, dengan giat mengeksplorasi suatu pekerjaan, tentu akan menimbulkan minat dalam diri sendiri. Hal ini yang lambat laun memicu kenyamanan pada suatu pekerjaan yang sedang dijalani.

Ilustrasi wanita semangat bekerja.

Selebgram Rea Wiradinata Ajak Masyarakat Bersatu Wujudkan Harmoni dalam Keberagaman

"Passion kita terbentuk seiring keinginan untuk usaha eksplorasi dan timbul kenyamanan di kegiatan itu. Jadi merasa kegiatan ini seru dan nantinya akan hadir ide-ide menarik dengan sendirinya," ujar Vania yang memulai proyek eco-fashion sejak 2005 silam.

Alumni Nutrifood Leadership Awards 2015 ini pun mengatakan, setelah memahami passion yang dimiliki, tahapan selanjutnya adalah memahami target audience. Berdasarkan pengalaman, wanita berusia 26 tahun itu memahami kebutuhan audience dapat mempermudah alur bisnis yang sedang dijalani.

"Kita harus paham kecanduan mereka apa. Jangan memaksakan kemauan kita, misal dengan edukasi lingkungan terus menerus, enggak semuanya mau dengar. Coba dengan fokus jualan barang daur ulang, inovasi dulu biar produk menarik dan sesuai kebutuhannya," kata Vania.

Pada akhirnya kemauan tersebut membuat masyarakat sadar terhadap lingkungan dan produk yang dijual bisa mengedukasi hal tersebut. Itu ditambah menghasilkan bisnis yang menguntungkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya