7 Hal yang Harus Anda Ingat saat Naik Pesawat Terbang

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tak cukup hanya mencari kursi Anda sesuai nomornya saat masuk ke dalam pesawat. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, ketika sudah berada di dalam pesawat, dari mengamati letak pintu darurat hingga persiapan lainnya.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Dilansir dari Smarter Travel, Minggu 18 November 2018, ada tujuh hal yang harus diingat saat ada dalam pesawat.

Bersihkan tempat duduk

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Meski terlihat bersih, tidak menutup kemungkinan area tersebut memiliki banyak kuman. Ingat untuk selalu membawa tisu atau semprotan sanitizer untuk membersihkan sandaran tangan, sabuk pengaman atau permukaan keras lain yang mungkin disentuh orang.

Posisikan lubang angin

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Jika duduk dengan orang yang sedang sakit, ada kemungkinan untuk tertular penyakit, seperti Tuberkulosis (TB), SARS, dan penyakit lain yang bisa menular lewat udara. Untuk itu, arahkan lubang udara di atas kepala, pasang pada kecepatan rendah atau menengah langsung di atas kepala meniup lurus ke bawah. Jika merasa angin berembus di pangkuan, berarti Anda sudah melakukan hal yang benar.

Pintu darurat

Tak ada seorang pun yang ingin berada dalam kondisi darurat di dalam pesawat. Tapi tak ada salahnya mempersiapkan diri. Untuk itu, pastikan selalu menghitung jumlah baris antara tempat duduk dengan pintu darurat terdekat.

Hal ini penting, karena jika terjadi benturan atau pesawat harus mendarat darurat, lampu dalam kabin akan padam, sehingga dengan menghitung baris kursi ke arah pintu darurat akan sangat membantu saat berjalan dalam kegelapan.

Cek pelampung

Meski kru pesawat selalu memastikan setiap tempat duduk memiliki pelampung setiap harinya, mereka biasanya tidak memeriksa di antara waktu penerbangan. Sayangnya, terkadang ada saja tangan usil yang memindahkannya. Jadi, lebih baik cepat periksa keberadaan pelampung di bawah tempat duduk.

Perlengkapan terbang

Jangan abaikan kenyamanan diri sendiri. Pastikan Anda membawa barang-barang yang diperlukan selama penerbangan dalam tas yang tidak diletakkan di bagasi kabin.

Headphone

Benda ini diperlukan jika melakukan penerbangan sendiri, dan menjadi tanda jika tak ingin berbincang dengan orang di bangku sebelah.

Permen karet

Jika punya telinga yang sensitif selama mendarat atau lepas landas, kunyahlah permen karet. Ini bisa membantu perubahan tekanan udara dan akan membuat Anda terasa lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya