Unik, Mickey Mouse Berhias Ornamen Khas Indonesia Curi Perhatian

Mickey Mouse dengan Ornamen ala Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Hari ini, Mickey Mouse merayakan hari ulang tahunnya yang ke-90. Karakter ciptaan Walt Disney ini, tak terasa telah menemani masa kecil banyak orang selama hampir 100 tahun. Siapa sih yang tak kenal Mickey Mouse yang lucu ini?

Terenyuh, Wanita Ini Ceritakan Dirinya Ketiban Rezeki Tak Terduga Usai Bersedekah pada Pengemis

Mickey Mouse 90th Anniversary Celebration, yang digelar di Sarinah, Jakarta Pusat, menjadi event yang mengajak seluruh penggemar karakter ini untuk berbagi kebahagiaan. Berbagai kegiatan seru digelar di halaman parkir Sarinah Mall sejak pagi hari. 

Selain itu, ada yang menarik perhatian, yaitu keberadaan sembilan karakter Mickey dalam beragam tema yang akhirnya dijadikan sasaran pengunjung untuk berfoto dan membagikannya di media sosial. 

Mickey Mouse Akan Dijadikan Film Horor Pembunuhan, Wajah Lucu Jadi Mengerikan

Lucu dan imutnya karakter Mickey di acara ini, salah satunya merupakan hasil karya dosen dan mahasiswa jurusan DKV Universitas Multimedia Nusantara.

Dengan mengusung konsep Mickey is Caring, ornamen khas Indonesia akhirnya indah membalut tubuh Mickey yang biasanya identik dengan warna hitam, merah, dan kuning. Berbagai desain cantik dari ornamen khas Indonesia menempel di tubuh Mickey Mouse hari ini. 

Karakter Mickey Mouse Versi Awal Bukan Lagi Milik Disney

Ditemui di Sarinah, Jakarta Pusat, Itta Ernawati, yang membuat salah satu karakter Mickey jadi lebih spesial ini menceritakan bagaimana konsep tersebut akhirnya dipilih untuk perayaan 90 tahun Mickey Mouse. 

"Saya suka ornamen batik, jadi saya menggabungkan motif, ukiran yang ada di Indonesia. Idenya enggak jauh dari apa yang ada di Indonesia,. Aku ingin mengatakan bahwa ornamen nusantara enggak kaku, enggak kuno, tapi bisa fleksibel," kata Itta, Minggu 18 November 2018. 

Sisi kepedulian yang dimiliki Mickey juga menjadi salah satu alasan dosen Jurusan DKV Universitas Multimedia Nusantara tersebut memilih menuangkan sekitar lebih dari 30 keindahan ornamen khas Indonesia. Kemudian, Itta menjelaskan beberapa makna dari desain yang ada di tubuh Mickey

"Biru ini (bagian tengah tubuh) seperti rumah adat Minang, simbol atap di Lampung yang merupakan simbol kearifan. Sebelahnya ada ornamen dari Pekalongan, Papua, untuk menunjukkan budaya nusantara yang ada di Indonesia, dan artinya tetap kearifan unsur lokal. Sepatunya kayak pangeran remaja yang gagah dan kayak wacana petualang lewat motif yang ada di sini. Lewat baju, seperti kaos Bali, India, atau mancanegara, itu kan menunjukkan dia pernah kemana-mana, Mickey juga gitu, tapi cuma jalan-jalan di Indonesia."

Dikerjakan selama satu minggu, rupanya ada cerita menarik dari proses pembuatan satu karakter patung Mickey yang kabarnya diterbangkan langsung dari luar negeri untuk menjadi bagian perayaan 90 tahun Mickey di Indonesia. 

"Pakai cat mobil mayoritas," ujarnya sembari tertawa dan menjelaskan bahwa bahan cat mobil terlihat lebih merata, hanya saja perlu teknik dan kesabaran lebih saat memulasnya di atas patung. 

"Kan harus pakai thinner, harus sabar untuk nunggu kering kalau buat gradasi warna enggak bisa langsung jadi. Ya, memang melatih untuk sabar."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya