Pengalaman Seru Bikin Boneka Kertas di Papermoon Puppet Theatre

Membuat boneka kertas di Papermoon Puppet
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA – Bagi sebagian orang, nama Papermoon Puppet Theatre tentu sudah tidak asing lagi. Kelompok kesenian yang berkreasi dengan boneka kertas ini sudah dikenal hingga tingkat internasional.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Bahkan, musisi Tulus juga menggandeng kelompok seni asal Yogyakarta ini dalam proses pembuatan musik video 'Manusia Kuat’ dan kehadiran pementasan Secangkir Kopi dari Palaya dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Meski namanya telah dikenal oleh masyarakat luas, bukan hal yang mudah untuk bisa berkunjung ke studio pembuatan boneka kertas tersebut karena tidak setiap orang bisa melihat secara langsung proses pembuatan yang dilakukan oleh pendiri teater boneka kertas ini, Maria Tri Sulistyani dan juga keempat temannya.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Beruntung VIVA bisa mengunjungi studio dari Papermoon Puppet yang berlokasi di Sembungan, Daerah Istimewa Yogyakarta saat program #jalan2jenius. Tidak hanya itu, VIVA juga berkesempatan untuk mengikuti workshop pembuatan boneka kertas bersama dengan rombongan dari Jenius.

"Sebetulnya banyak permintaan yang masuk untuk datang ke sini, tapi kebanyakan hanya ingin foto-foto saj makanya tidak semua kami terima. Lagipula habis tenaga kami kalau harus menerima tamu setiap saat, malah tidak ada tenaga untuk berkesenian," kata Ria, sapaan Maria saat ditemui Kamis, 22 November 2018.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Membuat boneka kertas sendiri terbilang gampang-gampang susah. Sebelum membuatnya, beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, di antaranya koran bekas, batang kayu untuk bagian leher boneka, balok kayu kecil untuk bagian badan, dan solatip serta lem.

"Kami sebisa mungkin memilih bahan-bahan yang bisa didaur ulang lagi dan juga mudah ditemukan. Makanya kami pilih bahan itu sebagai bahan dasar," kata Ria.

Membuat boneka kertas di Papermoon Puppet

Untuk proses pembuatan boneka kertas sendiri dimulai dengan membentuk bagian kepala, yakni dengan meremas koran hingga berbentuk seperti kepala. Menurut VIVA, meski terlihat mudah, membentuk bagian kepala ini punya tantangan tersendiri. Selain butuh imajinasi, juga diperlukan sedikit teknik untuk membentuk tekstur bagian wajah dari boneka itu sendiri.

Bagi yang telah ahli dan terbiasa membuat boneka kertas seperti Ria, hanya butuh sekitar 10 sampai 15 menit untuk membentuk bagian kepala. Sedangkan VIVA sendiri butuh waktu sekitar 30 menit atau lebih untuk membuatnya.

Setelah dibentuk, kemudian dikreasikan dengan menempelkan bagian mata, dan melakukan pewarnaan dengan kertas berwarna yang ditempel pada bagian kepala. Dan setelah bagian kepala terbentuk, baru disambungkan ke bagian badan. Jika semua sudah tersambung, jadilah boneka kertas sederhana yang menarik. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya