Meminta Maaf Ternyata Tak Selalu Baik

Menurut survei, hanya 10 persen wanita yang bisa dengan mudah mencapai orgasme.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Apakah Anda punya kebiasaan mengatakan maaf, sampai-sampai orang di sekeliling Anda menegur kebiasaan itu?

Sempat Tanggapi Kabar Kencan Han So Hee dan Ryu Jun Yeol, Hyeri Minta Maaf

Jessica Boston, seorang hipnoterapis dan penyembuh di Glow Bar Mortimer Street mengatakan, wanita cenderung meminta maaf lebih sering dibandingkan pria. Penyebabnya, mereka secara tidak sadar ditekan secara sosial untuk menjadi baik dan sopan.

Boston menambahkan, ada beberapa penyebab permintaan maaf. Meminta maaf juga ternyata bisa 'menular' dan berubah menjadi sebuah kebiasaan.

Permintaan Maaf Pimpinan KPK Karena di Rutan Mereka Ada Praktik Pungli

Bagi orang yang terlalu banyak meminta maaf, mereka cenderung memiliki harga diri yang rendah dan tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Mereka juga tidak mampu menahan tekanan apapun karena mereka tidak tahu bagaimana menghadapi emosi orang lain dengan cara yang positif.

"Mereka takut akan apa yang akan terjadi jika tidak meminta maaf dengan cepat. Jika mereka memiliki penilaian diri yang rendah, mereka tidak menganggap respons jujur mereka valid," ujar Boston seperti dikutip dari laman Metro.co.uk, Jumat, 23 November 2018.

Ketahuan Edit Foto Keluarga, Kate Middleton: Saya Sedang Bereksperimen

Tentu, sebagian besar orang meminta maaf karena mencoba untuk sopan. Tapi, terkadang itu tidak perlu.

"Jika Anda meminta maaf terus, orang di sekitar Anda akan memandang Anda sebagai orang merasa tidak aman, dan secara tidak sadar mereka akan memperlakukan Anda seperti itu. Anda akan diberi tanggung jawab atau peluang lebih sedikit karena Anda terlihat kurang percaya diri," lanjut Boston.

Selain itu, terlalu mudah dan sering meminta maaf juga membuat Anda terlihat seperti selalu berbuat kesalahan, di mana seiring waktu Anda akan tampak seperti tidak bisa diandalkan dan tidak mampu.

Jadi, pada dasarnya Anda harus berhenti meminta maaf berlebihan di saat yang sebenarnya Anda tidak perlu meminta maaf. Seperti ketika seseorang menyenggol Anda, mereka lah yang harus meminta maaf, bukan Anda.

Boston mengatakan, cara terbaik untuk berhenti mengatakan maaf adalah dengan memahami kata tersebut. Untuk berpikir penuh dan memperhatikan pada bagaimana, kapan, dan kenapa meminta maaf itu penting.

(zo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya