Logo BBC

Inspiratif, Tukang Parkir Dirikan Rumah Khusus Anak dengan HIV/AIDS

- BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Sejumlah anak tampak asyik bermain ayunan di depan rumah khusus bagi anak-anak yang terkena HIV/AIDS yang terletak di Solo, Jawa Tengah. Kadang terdengar suara tangisan dan tak lama kemudian suara tawa.

Rumah khusus ini terletak jauh dari permukiman warga dan anak-anak yang ditampung berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Mereka dititipkan di Rumah Singgah Lentera karena sejumlah alasan termasuk keluarga yang tak lagi mampu merawat mereka, atau bahkan ditolak.

Koordinator rumah khusus ini, Puger Mulyono, menyatakan anak-anak ini ditelantarkan pihak keluarga karena stigma terkait HIV/AIDS yang masih tinggi di masyarakat.

"Orang tua anak-anak yang terinfeksi HIV/AIDS kan sudah meninggal semua sehingga mereka itu yatim piatu. Karena mengetahui anaknya terinfeksi HIV/AIDS sehingga keluarganya menolak dan tidak mengakuinya sehingga mereka itu terlanta," kata Puger kepada wartawan di Solo Fajar Sodiq yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

Puger mengatakan ia pertama kali mengasuh anak dengan HIV/AIDS (ADHA) pada 2012 saat melihat ada anak yang diterlantarkan di satu rumah sakit di Solo.


- BBC