Kisah Sukses Ibu RT Jalani Bisnis Rumahan Modal di Bawah Rp1 Juta

Kania Annisa Anggiani
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Permatasari

VIVA – Menjalani kehidupan sebagai wanita karier membuat Kania Annisa Anggiani terbiasa dengan kesibukan yang menyita waktunya. Namun, ketika ia memutuskan untuk menikah, kariernya sebagai produser rela ia tinggalkan.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Kania memilih untuk menjadi ibu rumah tangga yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk keluarga. Tapi, kehidupan menjadi ibu rumah tangga ternyata sangat berbeda dibanding ketika berkarier justru membuat Kania stres.

Meski begitu, Kania tidak membiarkan hal itu membuatnya terpuruk. Ia pun mencari cara untuk mengubah keresahannya menjadi sesuatu yang bermakna.

Kisah 2 Pemuda Mualaf yang Bikin Geger, Orang Sekampungnya Auto Masuk Islam

"Jadi ibu rumah tangga ternyata enggak gampang, menangis setiap hari, harus stay di rumah mengurus anak. Dari keresahan ini malah timbul banyak ide, bagaimana dari rumah saya bisa punya penghasilan, uang datang ke saya tanpa harus bekerja ke kantor," ujar Kania saat ditemui VIVA beberapa waktu lalu di Senayan City, Jakarta.

Tahun 2013, tepatnya bulan Maret saat anak pertamanya lahir, Kania menciptakan Chic & Darling. Dengan modal tabungan pribadi yang tak sampai Rp1 juta, Kania memulai bisnis produksi sarung bantal.

Viral Kisah Pilu Seorang Suami Rela Jual Organ Tubuh demi Bisa Hidup Bersama Istri

Bisnis rumahan yang dilakukan Kania tanpa disangka sangat maju pesat. Awalnya, dalam waktu tiga bulan sarung bantal yang dibuat hanya 20 buah berkembang menjadi 100, hingga dalam sebulan ia mampu menjual 700 sarung bantal.

Dalam waktu 2-3 bulan, Kania sudah bisa mengantongi modalnya kembali.

"Saat itu karena termasuk pionir jadi belum ada kompetitor, belum ada benchmark," kata Kania lagi.

Tak sekadar membangun bisnis rumahan yang menguntungkan, Kania juga punya idealisme dalam mengembangkan bisnisnya. Dalam setiap desainnya, ia selalu menyelipkan cerita.

Contohnya, dalam salah satu desain buatannya ia mengangkat tentang cinta seorang ibu kepada anak-anaknya. Atau, tentang bagaimana mencintai diri sendiri sebelum mencintai anak dan suami.

Selain sarung bantal, Kania juga memproduksi apron atau celemek, peralatan dapur seperti piring, gelas, dan taplak meja. Di samping membuat desain yang berbeda, Kania juga membuat produk-produknya dengan pemberian warna yang khas seperti color blocking dengan warna-warna cerah.

Produk-produkChic & Darling milik Kania dibanderol dengan kisaran harga Rp249.000-Rp279.000. (msf)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya