Trik Jitu Supaya Foto Konser Musik Hasilnya Keren

Konser 30 Tahun KLa Project
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Saat ini, menonton sebuah konser sudah menjadi salah satu kebutuhan kaum urban. Membidik berbagai aksi para musisi di atas panggung konser pun menjadi kegemaran masyarakat.

Memajang Foto Ulama di Rumah, Bagaimana Hukumnya? Ini Kata Buya Yahya

Namun, kendala yang sering dialami adalah belum lengkapnya atau tidak memadainya perlengkapan foto. Kebanyakan, masyarakat kaum urban masih mengandalkan smartphone sebagai media untuk mendokumentasikan aksi para musisi tersebut.

Apalagi di saat konser berlangsung malam hari, dengan sedikit cahaya, mereka kadang menggunakan flash atau cahaya dari smartphone untuk membidik. Ternyata hal tersebut sebaiknya dihindari.

Akhirnya Terkuak, Segini Harga Xiaomi 14 di Indonesia

"Sebaiknya hindari flash. Coba andalkan lighting yang ada di panggung. Nah, di sini kita dituntut tahu karakter lampunya seperti apa, lalu konser apa yang bakal kita datangi, dan mau ambil perform-nya atau suasananya," ujar fotografer konser, Rendha Rais kepada VIVA dalam acara Go Ahead Challange di kawasan Kemang, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut wanita yang sudah memotret banyak musisi seperti Tulus dan Iwan Fals ini, warna pencahayaan di panggung sangat menentukan hasil yang diinginkan. Ia mengatakan, hindari beberapa warna yang bisa membuat hasil foto kurang baik.

Desain Ringkas dan Canggih, Begini Penampakan Kamera Digital Terbaru Fujifilm X100VI

"Hindari warna merah dan ungu. Karena warna-warna itu membuatnya kelihatan kurang baik hasil fotonya," ucapnya.

Adapun warna kuning, ternyata cukup mampu memberikan hasil yang baik karena mirip dengan warna kulit orang Indonesia. Sehingga, hasil foto yang didapatkan nampak jernih.

"Paling bagus memang cahaya warna putih untuk ambil foto panggung. Tapi, kuning juga oke karena sejalan dengan warna kulit orang Indonesia," ujar Rendha. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya